Kajian Islam
10 Langkah Sehat Sehari Sebelum Berpuasa

10 Langkah Sehat Sehari Sebelum Berpuasa

Besok adalah hari pertama kita Puasa, Senin (01/08/2011) pun akan jadi hari pertama bagi para umat Muslim untuk menunaikan ibadah puasa. Agar tetap segar dan sehat saat berpuasa, ada beberapa tips yang sebaiknya dilakukan satu hari sebelum menjalankan puasa. Langkah ini diperlukan, untuk mencegah tubuh dehidrasi, lemas dan kekurangan energi selama puasa. Ini dia tipsnya:.

  1. Cukupkan Istirahat sehari sebelum puasa, pergunakan waktu seektif mungkin untuk kegiatan ibadah dan juga Istirahat, sempatkan istirahat walaupun anda sedang bersemangat ibadah.
  2. Hindari olahraga yang tidak biasa anda lakukan misalkan tiba-tiba memanjat gunung ataupun olahraga berat sedangkan anda tidak terbiasa melakukannya, hal ini akan membuat anda lelah dan sakit badan dan menyebabkan kondisi tubuh kurang fit untuk sahur dan berpuasa esok hari.
  3. Jangan konsumsi makanan atau minuman mengandung banyak kafein dan gula. Mulailah perbanyak minum air putih lebih dari biasanya, misalnya 9 atau 10 gelas.
  4. Jangan lupa untuk membantu tubuh dengan suplemen yang aman dan biasa anda gunakan, hindari suplemen penahan lapar dan sejenisnya apalagi yang tidak biasa digunakan.
  5. Konsumsilah makanan dalam porsi kecil setiap dua jam sekali, tapi hindari yang tinggi kandungan garamnya. Karena, sodium dalam garam bisa mengurangi kadar air dalam tubuh.
  6. Menjelang malam, santaplah makanan tinggi karbohidrat, lengkap dengan protein, serat dan vitamin. Meskipun dini hari nanti Anda akan santap sahur, makan malam harus tetap dijalankan seperti biasa agar kebutuhan kalori tetap tercukupi untuk hari ini.
  7. Bangunlah minimal satu jam lebih awal untuk santap sahur. Jadi, Anda bisa menikmati makanan dengan santai dan perlahan, juga memberi waktu bagi lambung untuk beradaptasi menerima makanan di luar jam makan biasanya.
  8. Jangan makan terburu-buru saat sahur, karena bisa menyebabkan perut `kaget` dan mengalami konstipasi. Hindari juga makanan pedas dan terlalu banyak lemak. Makanan ini bisa memicu naiknya asam lambung sehingga menyebabkan perut mual dan perih.
  9. Biasakan Anda sudah selesai makan sahur, 15 menit sebelum tiba waktu berpuasa (adzan subuh). Pergunakan waktu ini untuk minum segelas air putih, bersantai sebentar dan gosok gigi.
  10. Niatkan esok hari puasa dengan iklas dan hanya ingin mendapat keridhoan dari Allah SWT, semangat dalam diri dapat membantu kesehatan anda lebih bugar. (Dari Berbagai Sumber Diantaranya About, Google)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Kajian Islam Lainnya
Pangandaran Lautan Scooter, Ajang Silaturahmi Para Bikers Vespa
Pangandaran Lautan Scooter, Ajang Silaturahmi Para Bikers Vespa
Selasa, 30 November 2010 10:40 WIB
Pangandaran Lautan Scooter (PALAS) telah menjadi agenda tahunan Pariwisata Kabupaten Ciamis khususnya di Kecamatan Pangandaran, yang diselenggarakan setiap Bulan Juli, untuk medukung kegiatan Festival Layang-layang, lebih dari 2000 anggota dari berbagai komunitas pengguna Vespa dari berbagai daerah berkumpul memadati Pantai Pangandaran.
Menunggu di Bangunya Jalan Tol Lintas Selatan
Menunggu di Bangunya Jalan Tol Lintas Selatan
Jum'at, 09 Mei 2014 11:07 WIB
Ruas Bandung-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar sudah mendesak untuk tersambung oleh layanan jalan tol. Jika tidak, akumulasi pertumbuhan kendaraan akan berdampak kepada kemacetan yang lebih parah pada momen mudik masa mendatang. “Pemerintah harus memikirkan jalan tol yang merupakan kebutuhan, karena jalur selatan itu kan sudah sempit, kelak kelok, masih berupa ruas sisa pembangunan pemerintah Belanda. Pertumbuhan kendaraan di tahun-tahun selanjutnya menjadi ancaman kemacetan yang lebih buruk,” kata anggota Komisi Perhubungan DPR Yudi Widiana Adia, di Jakarta, Selasa (13/8/2013).
Pakis Campur Kecombrang, Catatan Kuliner Purba
Pakis Campur Kecombrang, Catatan Kuliner Purba
Sabtu, 02 Oktober 2010 10:54 WIB
Esoknya di Pangandaran, adik ipar menjamu saya dengan sayur yang sungguh asing di lidah saya. Ketika saya tanyakan, dia menjawab, sayur pakis. Masya Allah, saya kaget bukan kepalang. Perasaan apa dalam benak, saya tidak bisa menjabarkannya. Yang jelas, saya sangat bersyukur akhirnya bisa merasai sayur pakis.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini