Ekonomi dan Wirausaha
Pemerintah Perlu Proaktif, Cara Ini Gairahkan Wirausaha

Pemerintah Perlu Proaktif, Cara Ini Gairahkan Wirausaha

Perizinan selama ini selalau menjadi faktor penghambat perkembangan dunia usaha dalam percepatan pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, untuk menggairahkan jiwa wirausaha atau entrepreneurship di kalangan anak-anak muda, mau tak mau harus membuka proses perizinan yang mudah. Pemerintah diharapkan proaktif menciptakan strategi dan kebijakan untuk menumbuhkembangkan jiwa wirausaha di Indonesia. Hal itu bisa dilakukan dengan cara member perizinan yang mudah dan memberi insentif perbankan berupa pemberian bunga rendah.

“Jika pemerintah serius ingin menggarap sektor wirausaha, maka harus diupayakan untuk memperkecil biaya yang timbul di masyarakat dalam hal pengurusan izin,” kata pengusaha nasional, Susi Pudjiastuti di sela Regional Entreprenurship Summit di Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Sabtu 23 Juli 2011.

"Pemerintah harus proaktif. Jika perlu, bebaskan para pemula usaha dari segala biaya perizinan,”," tekan Susi. Ia berharap Perbankan dapat memberi dorongan dan insentif kepada masyarakat yang hendak memulai usaha dengan bunga yang rendah. "Akses ke perbankan juga harus dipermudah," kata pengusaha ikan asal Pangandaran dan pemilik maskapai Susi Air ini.

Selaian dukungan dari pemerintah, menurut Susi untuk bisa menggerakkan jiawa kewirausahaan di Indonesia maka bisa dilakukan dengan memulai meninjau kurikulum yang ada di sekolah sampai perguruan tinggi. "Kurikulum harus diubah. Bagaimana bisa membuat mahasiswa untuk berani menyampaikan ide dan pendapatnya tanpa rasa takut," kata wanita jebolan ITB ini.

Dia mengakui, salah satu kendala yang membuat masyarakat sulit berkembang adalah kultur yang ada. Di masyarakat, katanya, timbul rasa kurang terbiasa menerima perbedaan ide dan pendapat. “Jika ada pemikiran atau ide yang tidak sesuai maka dianggap aneh, sehingga kurang bisa diterima,” terangnya. 

Sementara, dalam kegiatan temu para pengusaha nasional yang digagas Global Enterpreneurship Program Indonesia (GEPI) dan Bank Mandiri itu, di antaranya menghadirkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton sebagai pembicara tamu. Tampak di antara para pengusaha seperti pengembang papan atas Ir Ciputra.  Sumber VivaNews



#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Ekonomi dan Wirausaha Lainnya
Mengenang Peristiwa Pembantain Dukun Santet di Pangandaran
Mengenang Peristiwa Pembantain Dukun Santet di Pangandaran
Sabtu, 31 Juli 2010 05:07 WIB
Saat itu saya baru kelas 3 MTs, peristiwa itu masih jelas benar di ingatan saya bagaimana warga Pangandaran dan sekitarnya membuat mencekam. Iring-iringan mayit yang diduga dukun santet sering terjadi siang maupun malam hari
Berlibur Aman Hatipun Senang
Berlibur Aman Hatipun Senang
Sabtu, 12 Januari 2013 11:35 WIB
Pantai, apa yg ada di benak anda ketika mendengar kata pantai? pasir,ombak, berenang? pasti kata-kata itu yg terlintas, betapa mengesankanya ketika bersentuhan dengan pantai pangandaran yang eksotis. namun sering terdengar beberapa kabar ada wisatawan yang mengalami hal yang tidak diinginkan ketika berkunjung ke pantai, salah siapakah?
Pelayanan e-KTP di Kecamatan Sidamulih Pangandaran
Pelayanan e-KTP di Kecamatan Sidamulih Pangandaran
Senin, 07 November 2011 08:47 WIB
Pelayanan pembuatan e-KTP ternyata sudah ada di Kecamatan Sidamulih Pangandaran, Sabtu 5 November 2011, saya mengajukan pembuatan e-KTP karena menurut paman Sururudin selaku pengurus di kampung Drawolong, sekitar Tanggal 17-19 November mendatang akan ada pembuatan e-KTP serentak di setiap Kecamatan. Maklum saya tidak setiap saat ada di Kampung, minta didahulukan.