Cerita di Pangandaran
Kedung Gondang, Sihulu Sungai yang Indah

Kedung Gondang, Sihulu Sungai yang Indah

Kedung Gondang adalah nama suatu hulu sungai, disinilah tempat memancingku sewaktu kecil dulu,terletak ditengah-tengah pesawahan yang subur bernama sawah Ciuru,terletak disebelah utara desa Sidomulyo Pangandaran,tempat ini jarang sekali terjamah oleh orang,oleh karena itu sampai sekarang juga masih terlihat seperti dulu sebagai tempat memancing yang paling indah dan nyaman, Dulu sewaktu aku dan teman-teman hendak memancing biasanya berjalan.

Kaki menuju kedung gondang, kira-kira diperlukan waktu sekitar 20 menit dari kampungku Prumpung, tapi awas jangan berani-berani berenang ditempat ini,karena sangat dalam,kecuali yang jago berenang, disini ada banyak jenis macam ikan biasanya orang-orang dikampungku menyebut nama-nama ikan tersebut, Boncel,betik,licingan,lele,jaer,gedangan,trempele,sepat,kating,lunjar,mbayongan,boso, dan masih banyak nama jenis ikan yang lainya,Ada juga jenis ikan yang keturunan blasteran, yaitu perkawinan antara ikan air tawar dan ikan air asin,biasanya terjadi di muara, biasa ikan tersebut sering dijumpai disungai ketika sedang memancing, ikan tersebut namanya Semberet, sekilas bentuk tubuhnya mirip ikan Petek (ikan air asin).

Nah yang paling banyak spesiesnya adalah ikan kating, ikan yang bertubuh putih ini sekilas bentuk tubuhnya persis sama ikan lele,siripnya itu yang menjadi
senjata paling mematikan,biasanya orang kalau sudah terkena sirip ikan ikan ini,itu bagaikan digigit ular,racunya akan menjalar keseluruh bagian tubuh kita,ada juga yang sampai meninggal karena ikan ini.

Kating bisa kita temui diseluruh aliran sungai,karena spesiesnya yang sangat banyak,namun masyarakat di daerah kami tidak pada suka memakan ikan ini,selain rasanya tidak enak juga ikan ini termasuk golongan ikan yang jorok,
paling doyan memakan kotoran manusia,itu sebabnya ngga ada yang suka sama ikan ini. Nah Kalau ikan boncel (Ikan gabus) juga banyak ditemui disungai kami, ikan ini merupakan ikan yang enak dimakan biasanya ikan ini paling mudah dipancing. Udahan dulu ya ceritanya udah malem nie aku udah ngantuk,besok



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Cerita di Pangandaran Lainnya
Rencana Pengamanan Libur Hari Raya Idul Fitri Pangandaran 2015
Rencana Pengamanan Libur Hari Raya Idul Fitri Pangandaran 2015
Rabu, 15 Juli 2015 06:15 WIB
Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi kaum muslim di seluruh jagad raya, banyak keramaian dan kemeriahan dalam perayaanya, diawali dengan ibadah puasa sebulan penuh dan diakhiri dengan silaturahmi berkumpul dengan keluarga dan orang tersayang. Tak terkecuali di Pangandaran, Idul Fitri akan selalu ramai dengan keluarga yang pulang ke kampung halama, serta banyak wisatawan yang sengaja mengunjungi Pangandaran ketika libur Hari Raya tiba.
Mengintip Kandungan Ikan Sidat
Mengintip Kandungan Ikan Sidat
Sabtu, 24 November 2012 13:27 WIB
Ikan merupakan sumber protein yang lebih baik dibanding hewan ternak lainnya karena rendahnya kadar kandungan kolestrol. Ikan sidat salah satu jenis hewan yang potensial untuk dikembangkan.
Ciamis Dipagari Kemiskinan Kemiskinan Picu Pemekaran Wilayah
Ciamis Dipagari Kemiskinan Kemiskinan Picu Pemekaran Wilayah
Rabu, 26 Mei 2010 05:11 WIB
Kantong kemiskinan di Kabupaten Ciamis tersebar di hampir semua wilayah perbatasan. Desa-desa itu memagari Ciamis dengan beragam permasalahan ekonomi yang belum sepenuhnya mengentaskan masyarakat dari kemiskinan. Kemiskinan tersebut dipicu belum meratanya pembangunan infrastruktur jalan.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini