Inspirasi dan Opini
Potensi Pariwisata Desa Babakan Pangandaran

Potensi Pariwisata Desa Babakan Pangandaran

Babakan adalah desa di kecamatan Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia. Babakan Merupakan desa gerbang masuk ke Kota Pangandaran dimana Babakan juga seperti beberapa desa lain di Pangandaran, memiliki pantai. Pantai yang berada di Babakan adalah Pantai Timur Pangandaran dan Pantai Bulaksetra atau oleh warga sekitarlebih dikenal dengan Basisir Cileutik yang disana juga terdapat muara Cileutik.

Saat ini,di desa Babakan, tepatnya basisir Cileutik telah dibangun sebuah dermaga yang rencananya akan digunakan sebagai terminal dari laulintas kendaraan laut (kapal pesiar ataupun kapal nelayan) meskipun belum selesai, namun bangunan dan jalan menuju pelabuhan sudah selesai dibeton.

Penduduk dari Desa Babakan ini kebanyakan bermata pencaharian sebagai nelayan, selain itu petani juga mendominasi mata pencaharian dari penduduknya menyusul pekerjaan lainnya seperti PNS, pedagang dan lainnya.

Dalam sektor pendidikan, terdapat Sekolah Menengah Umum Negeri 1 (SMAN 1) Pangandaran yang berlokasi di kampung Kamurang. SMP dan SMA PGRI juga berlokasi di daerah yang sama. Untuk tingkat SD dan TK, dimulai dari SD Babakan I sampai dengan SD Babakan V dan juga terdapat 2 TK yang berada di daerah ini.

Potensi Kawasan
Sebagai daerah Penyangga Wisata Pangandaran, Desa Babakan memiliki beberapa tempat yang bisa dijadikan rekreasi bagi wisatawan diantaranya:

  • Pantai, Pantai yang berada di Babakan adalah Pantai Timur Pangandaran dan Pantai Bulaksetra atau oleh warga sekitarlebih dikenal dengan Basisir Cileutik yang disana juga terdapat muara Cileutik.Meski dipantainya tidak diperbolehkan unutk berenang, tapi pantai yang masih alami ini bisa di jadikan pemandangan yang indah.Lihat Semua Galeri Photo

  • Muara Cileutik, Saat ini sedang dibangun sebuah dermaga (pelabuhan) yang rencananya dignakan sebagai terminal dari l alu lintas kendaraan laut (kapal Pesiar ataupun kapal nelayan), selain itu di muara cileutik juga bisa di jadikan arena memancing. dan untuk aktifitas seperti aoutbond dan berkemah.
  • Sungai, Desa Babakan juga diapit oleh dua sungai sebagai batas wilayah, sungai Ciputrapinggan untuk batas wilayah timur berbatasan dengan Desa Ciputrapinggan dan sungai Cikidang untuk batas wilayah barat berbatasan dengan Desa Pangandaran, mempunyai potensi wisata air seperti bersampan (canoeing), atau bisa dengan menggunakan sepeda air (swan angsa)
  • Matras, Sebuah DAM peninggalan belanda yang di gunakan para petani untuk irigasi pertanian, selain itu juga sungainya bisa dijadikan track body rafting, sedangkan jalur daratnya bisa dijadikan Tracking sepeda.Lihat Semua Galeri Photo

  • Sawah, Sebagian Desa Babakan di kelilingi area persawahan dari segi wisata sawah bisa di jadikan tempat rekreasi bagi wisatawan, dengan tema back to nature,dari mulai membajak sawah, menanam padi sampai memanen padi.Lihat Semua Galeri Photo

  • Masyarakat Pedesaan, sebagian besar warga Desa Babakan bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan, wisatawan  bisa diajak melihat berbagai aktifitas keseharian masyarakat.diantaranya, bercocok tanam, melihat proses pembuatan gula merah, menjala ikan dan lain-lain.




#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Inspirasi dan Opini Lainnya
Pangandaran, Primadona yang Tak Berseka
Pangandaran, Primadona yang Tak Berseka
Kamis, 08 September 2011 20:41 WIB
Secara geografis lokasi wisata Pantai Pangandaran termasuk bagian dari wilayah Kabupaten Ciamis jawa barat. Untuk mencapai lokasi, dari kota Ciamis kita harus melewati kota Banjar, Banjarsari, lalu desa kali Peucang sebelum sampai di obyek wisata Pantai Pangandaran.
Catatan Kecil Untuk Pangandaran
Catatan Kecil Untuk Pangandaran
Kamis, 25 November 2010 12:26 WIB
Aku dilahirkan di Pangandaran 26 tahun yang lalu, Bapak ku seorang nelayan, rumahku terbuat dari bilik bambu berlantaikan tanah dan beratapkan daun nipah dalam bahasa sunda (dahon) dengan menggunkanan penerangan lampu teplok (damar).Meskipun kami hidup sederhana tapi kami sekeluarga merasa bahagia, setiap harinya Bapak ku dapat tangkapan ikan yang banyak, tapi saat itu harga ikan masih sangat murah, sekalipun dapat banyak hasilnya tak seberapa di bandingkan jaman sekarang, hanya cukup untuk makan sekeluarga.
Tenangkan Pikiran Saat Berlibur di Taman Wisata Alam Pananjung
Tenangkan Pikiran Saat Berlibur di Taman Wisata Alam Pananjung
Senin, 28 Mei 2012 10:37 WIB
Jalan-jalan di sebuah hutan bisa menjadi tantangan seru saat liburan. Walaupun, tidak seekstrem hutan yang masih perawan, Taman Wisata Alam Pananjung, Jawa Barat, tetap menyajikan suasana hutan yang seru. Awalnya, Taman Wisata Alam Pananjung di Pangandaran, Jawa Barat, hanya digunakan sebagai ladang oleh penduduk sekitar
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini