Cerita di Pangandaran
Jambal Roti Khas Pangandaran Terkenal Sampai ke Kota Pelajar

Jambal Roti Khas Pangandaran Terkenal Sampai ke Kota Pelajar

Bagi penggemar ikan asin tentu kenal dengan ikan asin jambal roti. Ikan asin tersebut memang memiliki tempat tersendiri bagi penyuka ikan yang dikeringkan dan pengawetannya hanya dengan ditaburi garam. Nah jambal roti khas Pangandaran ini terkenal di Jogjakarta loh. Cerita nya begini, saat saya dan teman-teman pulang kuliah terasa sangat lapar dan langsung bergegas ke salah satu rumah makan tepat nya di Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta. Sesampai nya di sana saya dan teman-teman dihampiri oleh salah satu pelayan yang cantik.

 Pelayan tersebut pun menyapa kami dan memberikan buku menu untuk di lihat-lihat dan dipilih menu makan nya. Setalah saya membuka nya, saya melihat di daftar menu tersebut bertuliskan "Jambal Roti Pangandaran". Di dalam deretan menu jambal rotu tersebut terdiri dari : Nasi Bakar Jambal Roti, Nasi Liwet Jambal Roti, Tumis Ikan Jambal Roti, Jambal Roti Bakar, Jambal Roti Ca Cabe Hijau, Capcay Jambal Roti, Jambal Roti Ca Jamur, dll.

Saya pun heran apa benar ini Jambal Roti dari Pangandaran? Lalu saya bertanya kepada sang pelayan, mbak apa benar ini ikan jambal roti dari Pangandaran? Ia pun menjawab, ia mas benar sekali itu ikan jambal roti dipesan langsung dari Pangandaran. Wow saya pun tidak menyangka bahwa itu Jambal Roti dari Pangandaran. Padahal rumah makan tersebut tidak mengusung nama masakan khas sunda.

Akhir nya saya memesan Jambal Roti Ca Jamur dan nasi bakar jambal roti, sambil menunggu masakan nya saya pun masih penasaran dan menghampiri salah satu pelayan yang sedang berdiri di depan pintu. Saya pun bertanya kepada dia, mas sejak kapan menu Jambal Roti ini di usung? Ia pun menjawab, oh itu sudah hampir 3tahun lebih mas, dan menu-menu Jambal Roti ini merupakan menu andalan di Rumah Makan kami. Lalu pemesanan ikan Jambal Roti nya kami terima 2 sampai 3 hari. Pihak kami memilih Jambal Roti dari Pangandaran karena kualitas nya yang bagus mas (begitu tutur nya).

Saya pun kembali duduk dan langsung menyantap makanan nya, rasa nya yang gurih dan enak membuat saya ketagihan. Walaupun harga nya yang tidak murah, tetapi sebanding dengan cita rasa masakan nya. Pengunjung nya pun bukan kalangan orang-orang biasa, melainkan orang-orang bermobil. Semoga Jambal Roti yang merupakan makanan khas Pangandaran bisa terkenal di daerah-daerah lainnya, tidak hanya di Jogjakarta saja.

Tulisan kiriman Ujang Rusli Suherli, Warga Sindangkerta Padaherang  Pangandaran



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Cerita di Pangandaran Lainnya
Tenangkan Pikiran Saat Berlibur di Taman Wisata Alam Pananjung
Tenangkan Pikiran Saat Berlibur di Taman Wisata Alam Pananjung
Senin, 28 Mei 2012 10:37 WIB
Jalan-jalan di sebuah hutan bisa menjadi tantangan seru saat liburan. Walaupun, tidak seekstrem hutan yang masih perawan, Taman Wisata Alam Pananjung, Jawa Barat, tetap menyajikan suasana hutan yang seru. Awalnya, Taman Wisata Alam Pananjung di Pangandaran, Jawa Barat, hanya digunakan sebagai ladang oleh penduduk sekitar
Rencana Pengamanan Libur Hari Raya Idul Fitri Pangandaran 2015
Rencana Pengamanan Libur Hari Raya Idul Fitri Pangandaran 2015
Rabu, 15 Juli 2015 06:15 WIB
Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi kaum muslim di seluruh jagad raya, banyak keramaian dan kemeriahan dalam perayaanya, diawali dengan ibadah puasa sebulan penuh dan diakhiri dengan silaturahmi berkumpul dengan keluarga dan orang tersayang. Tak terkecuali di Pangandaran, Idul Fitri akan selalu ramai dengan keluarga yang pulang ke kampung halama, serta banyak wisatawan yang sengaja mengunjungi Pangandaran ketika libur Hari Raya tiba.
Kemandirian Petani menggunakan Pupuk Organik
Kemandirian Petani menggunakan Pupuk Organik
Rabu, 28 September 2011 17:41 WIB
Pupuk Organik belum di manfaatkan secara maksimal oleh sebagian masyarakat yang tinggal di desa-desa.Terbukti masyarakat lebih suka menggunakan pupuk kimia. Padahal Pupuk kimia semakin sering dipakai akan merusak kesuburan tanah.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini