Cerita di Pangandaran
Jambal Roti Khas Pangandaran Terkenal Sampai ke Kota Pelajar

Jambal Roti Khas Pangandaran Terkenal Sampai ke Kota Pelajar

Bagi penggemar ikan asin tentu kenal dengan ikan asin jambal roti. Ikan asin tersebut memang memiliki tempat tersendiri bagi penyuka ikan yang dikeringkan dan pengawetannya hanya dengan ditaburi garam. Nah jambal roti khas Pangandaran ini terkenal di Jogjakarta loh. Cerita nya begini, saat saya dan teman-teman pulang kuliah terasa sangat lapar dan langsung bergegas ke salah satu rumah makan tepat nya di Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta. Sesampai nya di sana saya dan teman-teman dihampiri oleh salah satu pelayan yang cantik.

 Pelayan tersebut pun menyapa kami dan memberikan buku menu untuk di lihat-lihat dan dipilih menu makan nya. Setalah saya membuka nya, saya melihat di daftar menu tersebut bertuliskan "Jambal Roti Pangandaran". Di dalam deretan menu jambal rotu tersebut terdiri dari : Nasi Bakar Jambal Roti, Nasi Liwet Jambal Roti, Tumis Ikan Jambal Roti, Jambal Roti Bakar, Jambal Roti Ca Cabe Hijau, Capcay Jambal Roti, Jambal Roti Ca Jamur, dll.

Saya pun heran apa benar ini Jambal Roti dari Pangandaran? Lalu saya bertanya kepada sang pelayan, mbak apa benar ini ikan jambal roti dari Pangandaran? Ia pun menjawab, ia mas benar sekali itu ikan jambal roti dipesan langsung dari Pangandaran. Wow saya pun tidak menyangka bahwa itu Jambal Roti dari Pangandaran. Padahal rumah makan tersebut tidak mengusung nama masakan khas sunda.

Akhir nya saya memesan Jambal Roti Ca Jamur dan nasi bakar jambal roti, sambil menunggu masakan nya saya pun masih penasaran dan menghampiri salah satu pelayan yang sedang berdiri di depan pintu. Saya pun bertanya kepada dia, mas sejak kapan menu Jambal Roti ini di usung? Ia pun menjawab, oh itu sudah hampir 3tahun lebih mas, dan menu-menu Jambal Roti ini merupakan menu andalan di Rumah Makan kami. Lalu pemesanan ikan Jambal Roti nya kami terima 2 sampai 3 hari. Pihak kami memilih Jambal Roti dari Pangandaran karena kualitas nya yang bagus mas (begitu tutur nya).

Saya pun kembali duduk dan langsung menyantap makanan nya, rasa nya yang gurih dan enak membuat saya ketagihan. Walaupun harga nya yang tidak murah, tetapi sebanding dengan cita rasa masakan nya. Pengunjung nya pun bukan kalangan orang-orang biasa, melainkan orang-orang bermobil. Semoga Jambal Roti yang merupakan makanan khas Pangandaran bisa terkenal di daerah-daerah lainnya, tidak hanya di Jogjakarta saja.

Tulisan kiriman Ujang Rusli Suherli, Warga Sindangkerta Padaherang  Pangandaran



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Cerita di Pangandaran Lainnya
Warung Pinggir Pantai, Antara Keindahan dan Kebutuhan
Warung Pinggir Pantai, Antara Keindahan dan Kebutuhan
Kamis, 17 Februari 2011 05:23 WIB
Industri pariwisata tidak dapat dipisahkan dengan perekonomian masyarakat disekitarnya, namun tidak sedikit justru karena tuntutan ekonomi, banyak hal-hal penting dalam industri pariwisata dikorbankan, Warung Pinggir Pantai Pangandaran contohnya.
Refleksi Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke-368, Wujudkan Pengembangan Agrobisnis dan Pariwisata
Refleksi Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke-368, Wujudkan Pengembangan Agrobisnis dan Pariwisata
Sabtu, 12 Juni 2010 04:46 WIB
Tanpa terasa pada hari ini, Kabupaten Ciamis telah berusia 368 tahun. Sejarah panjang pun telah ditorehkan oleh Kabupaten Ciamis dalam perjalanannya dari mulai berbentuk kerajaan Galuh silam hingga menjadi sebuah kabupaten Ciamis sekarang ini.
Pangandaran, Dikejar Monyet, dan Menikmati Sunset
Pangandaran, Dikejar Monyet, dan Menikmati Sunset
Sabtu, 12 Maret 2011 07:35 WIB
Kalau boleh jujur, saya baru sekali ini berkunjung ke pantai di ujung selatan Ciamis itu. Hehehe, katrok ya? Maklum jarang liburan ke pantai sih. Saya lebih menyukai liburan ke gunung, makanya pantai jarang menjadi incaran saya. Karena baru pertama kali ke Pangandaran, jadi saya akan membagikan ceritanya di sini.