Wisata dan Kuliner
Tips Berenang untuk Para Pemula

Tips Berenang untuk Para Pemula

1. Apa manfaat dari berenang dibanding cabang olah raga lain?
Manfaat renang adalah:
Dapat menyehatkan tubuh, dapat berolahraga sambil bermain, olahraga yang paling kecil faktor cederanya, dapat menyelamatkan diri apabila berhubungan dengan kecelakaan di dalam air.

Cabang renang adalah cabang olahraga keluarga, maksudnya yaitu olahraga yang dapat dilaksanakan oleh keluarga bersama-sama. Bapak, ibu, dan anak-anak.

Olahraga renang juga merupakan olahraga yang mudah di laksanakan. Dalam hal fasilitas kolam renang saat ini hampir di semua perumahan di Jakarta dan sekitarnya ataupun daerah sudah tersedia.

2. Pemanasan seperti apa ?
Pemanasan yang dilakukan sebelum berenang adalah:
a. Senam kecil, contohnya: putar kepala, putar tangan, arahkan pinggang ke kiri dan kekanan, cium lutut, dll.
b. Streching (pelenturan tubuh), contohnya: tangan diangkat dua-duanya keatas sambit menarik nafas panjang, membungkukkan badan sambit metempar tangan ke depan kepala, dll. Streching biasanya dilakukan berpasangan tapi juga bisa sendirian. Dalam metaksanakan gerakan dapat melakukan hitungan 1 sampai dengan 10.

3. Cari baju/celana renang yang seperti apa?
Baju atau celana renang yang dipakai harus yang nyaman. Nyaman maksudnya yang benar2 enak dipakai sesuai dengan tubuh, bahannya pun biasanya lycra (strech/ lentur).

Arena juga menawarkan banyak sekali koleksi baju/celana renang untuk anak2 dan dewasa. Dengan variasi warna dan model yang up to date. Arena juga salah satu brand internasional dalam menyediakan pakaian renang anak2 dan dewasa serta baju kompetisi renang serta alat-alat olahraga yang di pakai oleh para atlet renang.

4. Alat-alat apa saja yang harus dimiliki saat baru mau mulai belajar berenang?
Alat-alat yang harus dipakai pada saat baru mulai belajar berenang adalah: Kaca mata renang (goggles), papan Renang (kickboard), pelampung (pullbuoy), penutup kuping (ear plug), khusus bagi pemula yang mempunyai masalah dengan tetinga.

5. Gaya apa yang paling mudah untuk dipelajari pada tahap awal?
Gaya yang paling mudah untuk dipelajari pada saat pemula adalah Gaya Bebas (Freestyle).

6. Boleh makan sebelum/sesudah berenang?
Sebaiknya sebelum memulai berenang dianjurkan untuk tidak makan. Dianjurkan minimal makanan yang kita makan itu sudah turun dulu ke perut sebelum memulai pelatihan. Minimal 1 jam sebelum berenang. Apabila selesai berenang, sah sah saja untuk makan.

7. Hal utama yang harus diperhatikan saat baru mau mulai belajar berenang?
Harus berani, tidak takut air, harus percaya diri, serta relax dan perhatikan instruksi pelatih.

8. Berapa lama waktu yang cukup untuk belajar berenang tahap awal? Berapa kali perminggu dan berapa jam persatu kali belajar?
Lama waktu belajar tahap awal biasanya sekitar 3 bulan (12 kali pelatihan), seminggu 3 kali. Dan durasinya 1 jam. Dan semua tergantung dari pribadi masing2, ada juga yang lebih cepat ada juga yang lebih lama waktu belajarnya. Semua itu tergantung dari:
a. Jawaban no.7
b. Serta rajin mengikuti pelatihan.

Sumber http://oretankoe.wordpress.com



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata dan Kuliner Lainnya
Secangkir Kopi dan Sebatang Rokok
Secangkir Kopi dan Sebatang Rokok
Kamis, 09 Juni 2011 08:22 WIB
Bangun pagi sinar mentari hangat di hati seiring bob marley nyanyikan lagu cinta.. aku belum mandi dan gosok gigi aku sudah di air, dengan segelas kopi ku pandang lautan lepas... nggak kenal waktu..nggak kenal hari.. yang ku tahu hanyalah sunset dan sunrise... Itulah sebait lirik lagu reagge karya Imanez yang sangat menggambarkan bagaimana kehidupan anak-anak pantai seperti halnya anak-anak pangandaran.
Mengenal Budaya Dan Kesenian Kuda Lumping
Mengenal Budaya Dan Kesenian Kuda Lumping
Jum'at, 03 Desember 2010 09:16 WIB
Letak Geografis Pangandaran yang berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah, secara tidak langsung membawa dampak terhadap adat istiadat dan budaya, contohnya perkawinan antar suku, migrasi penduduk, dan lain-lain, Faktor-faktor tersebut mempunyai andil besar dalam kultur masyrakat Pangandaran.
Tips Menggunakan Bodyboard Dengan Benar dan Aman
Tips Menggunakan Bodyboard Dengan Benar dan Aman
Kamis, 04 Agustus 2011 17:37 WIB
Pantai Pangandaran merupakan salah satu objek wisata yang paling di gemari akan permainan airnya. Salah satunya adalah permainan Bodyboard atau yang lebih kita kenal dengan nama Boogieboard. Bodyboard/Boogieboard adalah Sejenis olahraga air yang hampir menyerupai sejenis olahraga air lainnya,yaitu Surfing.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini