Politik dan Pemerintahan
Bersama Bupati Baru Pangandaran Gelar Musrenbang 2016

Bersama Bupati Baru Pangandaran Gelar Musrenbang 2016

Pangandaran, myPangandaran - Pemerintahan daerah sudah secara rutin guna berjalanya roda pemerintahan membahas dan menganggarkan segala kebutuhan baik itu untuk pembangunan serta hal-hal lainya di berbagai sektor dan yang akan di laksanakan oleh kedinasan terkait, dan semuanya tertuang dalam pembahasan yaitu musyawarah perencanaan pembangunan atau sering di kenal dengan musrenbang.

Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Proses Musrenbang juga terjadi di leval kecamatan dan kota demikian pula di provinsi dan nasional. Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up di mana suara warga bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran kota dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.

Pada mulanya, Musrenbang diperkenalkan sebagai upaya mengganti sistem sentralistik dan top-down. Masyarakat di tingkat lokal dan pemerintah punya tanggung jawab yang sama berat dalam membangun wilayahnya. Masyarakat seharusnya berpartisipasi karena ini merupakan kesempatan untuk secara bersama menentukan masa depan wilayah. Masyarakat juga harus memastikan pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan kebutuhan.

Musrenbang Pangandaran kali ini untuk pertama kalinya dibahas dengan melibatkan bupati definitif dengan begitu upaya pembangunan paling tidak dapat mewakili aspirasi dan keinginan warga Pangandaran karena Bupati sebagai putra daerah akan tau persis kebutuhan dan keingingan yang akan di kebangkan guna kemakmuran masyarakatnya, seperti untuk tahun 2017 akan di konsentrasikan kepada penataan kawasan wisata, perbaikan jalan serta pembangunan rumah sakit di Pangandaran.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Politik dan Pemerintahan Lainnya
Pemerintah Perlu Proaktif, Cara Ini Gairahkan Wirausaha
Pemerintah Perlu Proaktif, Cara Ini Gairahkan Wirausaha
Minggu, 24 Juli 2011 00:07 WIB
Perizinan selama ini selalau menjadi faktor penghambat perkembangan dunia usaha dalam percepatan pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, untuk menggairahkan jiwa wirausaha atau entrepreneurship di kalangan anak-anak muda, mau tak mau harus membuka proses perizinan yang mudah. Pemerintah diharapkan proaktif menciptakan strategi dan kebijakan untuk menumbuhkembangkan jiwa wirausaha di Indonesia
Tips Liburan Ke Green Canyon
Tips Liburan Ke Green Canyon
Rabu, 06 April 2011 08:37 WIB
Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km.Obyek wisata yang satu ini termasuk paling populer di sekitar kawasan Pangandaran alhasil setiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi Wisatawan, sesekali terlihat antrian panjang wisatawan di couter penjualan tiket.
Menikmati Pantai Pangandaran Dengan Murah Meriah
Menikmati Pantai Pangandaran Dengan Murah Meriah
Senin, 01 Agustus 2011 20:50 WIB
PANTAI Indah Pangandaran adalah salah satu obyek wisata pantai di Jawa Barat. Pantai ini terletak di Desa Panan-jung, Kecamatan Pangandaran, dengan jarak sekitar 92 km arah selatan Kota Ciamis
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini