Wisata dan Kuliner
Siapa Sih Yang Tak Kenal Pantai Pangandaran ?

Siapa Sih Yang Tak Kenal Pantai Pangandaran ?
Pantai Pangandaran, Siapa yang tak kenal objek wisata yang satu ini ? Selain terkenal dengan Green Canyonnya Pangandaran juga memiliki pantai dan tempat-tempat wisata yang tak kalah dengan di Bali.

Pantai Pangandaran, Siapa yang tak kenal objek wisata yang satu ini ? Selain terkenal dengan Green Canyonnya Pangandaran juga memiliki pantai dan tempat-tempat wisata yang tak kalah dengan di Bali.

Pangandaran merupakan sebuah kota kecil berkembang di wilayah paling ujung selatan jawa barat. Kota yang terkenal akan keindahan pantainya dan pernah di nobatkan sebagai pantai terbaik di Jawa Barat, selain dengan keindahan pantainya, pantai Pangandaran juga memiliki beberapa keistimewaan lainnya.

Berikut hal yang anda akan dapatkan apabila mengujungi Pantai Pangandaran :

  • Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama.
  • Memiliki 7 Pantai dengan keindahan yang berbeda.
  • Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman.
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih.
  • Memiliki tim penyelamat, Balawista Pangandaran
  • Jalan lingkungan yang beraspal dengan penerangan yang cukup.
  • Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
  • Merupakan tempat bersejarah. Tempat pendaratan tentara Jepang semasa perang dunia II oleh karenanya di sana masih terdapat beberapa goa pertahanan bala tentara Jepang yang dulu dijadikan tempat-tempat persembunyian tentara Jepang yang berniat menyerang tentara Belanda.


Event pariwisata yang biasa digelar di pantai Pangandaran :

Hajat Laut
Yaitu sebuah tradisi turun-temurun atau adat istiadat yang dilakukan oleh warga/masyarakat Pangandaran sebagai perwujudan tasa terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan cara melarung sesajen ke laut lepas.
Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Barat danTimur Pangandaran.

Festival Layang-Layang
Hampir setiap tahunnya acara Festival Layang-layang/Pangandaran International Kite Festival selalu di gelar di Pangandaran, tepatnya di lapang doyong-pantai timur Pangandaran. Dengan adanya kegiatan yang dilakukan tiap tahun sekali menunjang daya tarik wisatawan untuk berlibur ke Pangandaran. Acara ini dapat kita saksikan di setiap bulan juni atau juli.

Fasilitas yang tersedia di pantai Pangandaran
  • Parkir Area
  • Pelayanan Pos, Telekomunikasi dan Money Changer
  • ATM Center yang tersebar di titik-titik tertentu di wilayah Pangandaran
  • Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata
  • Bumi Perkemahan
  • Transport Rental (Mobil, Motor, Sepeda dll)
  • Water Sport
  • Fishing Area



#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata dan Kuliner Lainnya
Kehidupan Seorang Nelayan Pantai Pangandaran
Kehidupan Seorang Nelayan Pantai Pangandaran
Selasa, 06 November 2012 06:07 WIB
Pagi menjelang, kehidupan pagi hari pun dimulai dikawasan pantai Pangandaran, Jawabarat. Seiring irama alam, beberapa nelayan mulai melakukan aktivitas nya melaut. Mereka mulai bergegas, berlomba dengan sang waktu. Jangan sampai mereka didahului oleh sengatan trik sinar mentari dan gulungan ombak yang semakin tinggi menjulang
Festival Seni Ketangkasan Domba (Adu Domba), Promosi Wisata Pantai Pangandaran
Festival Seni Ketangkasan Domba (Adu Domba), Promosi Wisata Pantai Pangandaran
Senin, 06 Desember 2010 09:18 WIB
Adu domba adalah salah salah satu kesenian taradisional bagi sebagian masyarakat Jawa Barat, Eksistensinya dipertahankan hingga sekarang karena kesenian ini merupakan peninggalan nenek moyang orang sunda yang harus kita lestarikan bersama.Adapun cara yang dilakukan oleh kebanyakan warga Jawa Barat yaitu dengan mengadakan Festival Seni Ketangkasan Domba.
Catatan Kecil Untuk Pangandaran
Catatan Kecil Untuk Pangandaran
Kamis, 25 November 2010 12:26 WIB
Aku dilahirkan di Pangandaran 26 tahun yang lalu, Bapak ku seorang nelayan, rumahku terbuat dari bilik bambu berlantaikan tanah dan beratapkan daun nipah dalam bahasa sunda (dahon) dengan menggunkanan penerangan lampu teplok (damar).Meskipun kami hidup sederhana tapi kami sekeluarga merasa bahagia, setiap harinya Bapak ku dapat tangkapan ikan yang banyak, tapi saat itu harga ikan masih sangat murah, sekalipun dapat banyak hasilnya tak seberapa di bandingkan jaman sekarang, hanya cukup untuk makan sekeluarga.