Wisata dan Kuliner
Berwisata dengan Aman ke Cagar Alam Pangandaran (1)

Berwisata dengan Aman ke Cagar Alam Pangandaran (1)

Tak afdol rasanya jika Ke Pangandaran tidak Masuk ke cagar Alam Pangandaran, ibarat ke mekkah tak ke Madinah. Maka, bagi yang ingin berekreasi ke pinggir pantai berwisata bahari sekaligus berpetualang, bisa jadi Cagar Alam Pangandaranlah jawabannya.

Sekilas Cagar Alam Pangandaran

Pantai Pangandaran selain pantainya yang indah di sebelah timur dan sepanjang pesisir barat, pangandaran memiliki cagar alam seluas 500 hektar lebih. Jika dibanding dengan wisata pantai lainnya, cagar alam adalah nilai lebih bagi pangandaran. Karena jarang ditemui kawasan wisata pantai yang memiliki cagar alam seperti di Pangandaran.

Selain terdapat flora dan fauna yang unik, semenanjung yang dikelilingi samudra hindia dan berdekatan dengan pulau nusakambangan itu merupakan tempat memiliki banyak peninggalan bersejarah. Seperti prasasti batu kalde yang merupakan peninggalan kebudayaan Hindu di tanah jawa, serta makam simbolik Penyebar agama islam pertama di Pangandaran dua orang kakak beradik yaitu syeh Ahmad dan Syeh Muhammad. Hingga kini prasasti itu masih ada, dan terawat dengan baik. Sebagai cerita kelak kepada anak cucu tentang sejarah pangandaran dan asal-usul pangandaran.

Keanekaragaman flora dan fauna yang ada, sering dijadikan penelitian oleh beberapa universitas atau sebagai tugas pelajaran sejarah dan biologi oleh siswa-siswi sekolah karena bisa berinteraksi langsung dengan objek. Hal yang tak kalah lainnya adalah bahwa cagar alam Pangandaran menjadi tempat primadona bagi turis-turis asing karena terdapat banyak satwa yang terbilang langka, seperti : Landak, Kelelawar Gua, Kelelawar Pohon (Kalong), Lutung, berbagai jenis burung, Sapi Bali, Rusa, Kancil, dan masih banyak lagi.

Yang unik lagi, terdapat banyak gua-gua baik yang terbentuk secara alami atau yang buatan. Yang terbentuk secara alami adalah gua panggung, gua parat, gua rengganis, gua sumur mudal, dan gua lanang. Gua-gua ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah, bahkan ada yang berkilauan jika disorot lampu. Sedangkan gua buatan adalah gua jepang yang berada disebelah barat pantai pangandaran ini merupakan peninggalan Bangsa jepang ketika perang dunia ke 2 sebagai basis pertahanan tentara Jepang waktu melawan tentara sekutu.

Tips Aman ke Cagar Alam

Dalam melakukan perjalan wisata, tentu kita ingin merasa aman, nyaman dan menyenangkan tentunya. Biasanya sebelum kita menjelajahi suatu tempat kita melakukan survey. Dari hasil survey tadi kita mendefinisikan peralatan apa saja yang harus dibawa, apa yang harus disiapkan. Agar tidak merepotkan orang lain jika terjadi suatu hal. Jika ingin berhemat dan aman, anda bisa mempersiapkan perbekalan anda sebelum memasuki kawasan cagar alam pangandaran. Berikut tips singkatnya:

  1. Sebaiknya anda memakai celana panjang, atau celana pendek khusus outdoor
  2. Usahakan alas kaki memakai sepatu gunung atau sandal gunung, ini dimaksud karena medan yang dilalui adalah jalanan naik dan turun.
  3. Membawa makanan dan minuman secukupnya, karena didalam tidak ada yang berjualan.
  4. Membawa Lampu center yang terang, atau jika punya memakai lampu dikepala, karena didalam gua, gelap sekali. Dikwatirkan badan kita membentur bebatuan.
  5. Membawa peralatan khusus pribadi, seperti baju ganti, obat pribadi, anti nyamuk oles dan lainnya.
  6. Jika anda membawa peralatan elektronik, sebaiknya disediakan tas kecil khusus, misalnya isinya kamera poket, handphone dan lainnya.
  7. Hindari membawa kantong kresek, atau membawa makanan dengan wadah transparant, untuk menghindari anda diserbu oleh kawanan monyet.
  8. Jika anda memberi makanan satwa, hindari untuk mengelus atau mempermainkan satwa karena satwa disini sifatnya liar sesekali jika merasa terganggu bisa menyerang.
  9. Jika kesulitan menemukan jalan keluar, ikuti petunjuk atau bertanya kepada petugas yang berpatroli.
  10. Sebagai pilihan, anda bisa menggunakan jasa pemandu wisata yang mangkal di depan pintu masuk atau minta diantar langsung oleh petugas. Kisaran harga pemandu mulai 50 ribu sampai 200 rb. Tergantung objek yang akan kita kunjungi.

Tips diatas mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang mau berwisata ke Pantai Pangadaran sekaligus berpetualang di Hutan Cagar Alam Pangandaran.

*) Abah Lutfi, Adalah seorang blogger, warga asli Pangandaran dan pernah menjadi Tour Guide di Kawasan Cagar Alam Pangandaran dan biasa menulis di http://www.taryan.web.id/ dan menulis artikel ini khusus untuk myPangandaran.com



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata dan Kuliner Lainnya
Tips Aman Berenang Di Pantai Pangandaran
Tips Aman Berenang Di Pantai Pangandaran
Selasa, 21 Desember 2010 10:18 WIB
Perkenalkan nama saya Satimin Selain sebagai Data Support Di myPangandaran, salah satu kegiatan saya saat libur adalah menyelam.Buat saya laut merupakan sahabat dan sebagai mata pencaharian,oleh sebab itu saya sudah tidak asing lagi dengan arus dan gelombang laut, meskipun demikian saya tetap harus waspada dan selalu mengingatkan wisatawan
Tetesan-tetesan Air Green Canyon
Tetesan-tetesan Air Green Canyon
Kamis, 03 Maret 2011 09:09 WIB
Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat, kurang lebih 31 km dari Pangandaran. Nama Green Canyon dibawa oleh dari seorang berkebangsaan Prancis. Warna air sungai yang kehijauan mungkin menjadi alasan
Catatan Liburan Mas Hari ke Pangandaran: Hari Kedua
Catatan Liburan Mas Hari ke Pangandaran: Hari Kedua
Senin, 07 November 2011 05:36 WIB
Wah, setelah lelap pulas tertidur semalaman untuk melepas lelah, maka pagi hari kedua ini kami berjalan-jalan lagi di pantai Batu Karas sambil menunggu waktu sarapan tiba. Pagi hari begini masih sepi masih belum ada wisatawan lokal yang berkunjung. Penduduk setempat termasuk rajin bergotong royong dalam menjaga kebersihan jalan dan pantai, semua sampah disapu dan dimasukkan ke dalam tempat sampah
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini