Aneka
Legenda Gua Parat Atau Gua Keramat

Legenda Gua Parat Atau Gua Keramat
Menurut cerita gua ini dahulunya merupakan untuk bertapa dan bersemedi oleh beberapa Pangeran dari Mesir yaitu Pengeran Kesepuluh (Syech Ahmad), Pangeran Kanoman (Syech Muhammad), Pangeran Maja Agung dan Pangeran Raja

Menurut cerita gua ini dahulunya merupakan untuk bertapa dan bersemedi oleh beberapa Pangeran dari Mesir yaitu Pengeran Kesepuluh (Syech Ahmad), Pangeran Kanoman (Syech Muhammad), Pangeran Maja Agung dan Pangeran Raja Sumende.
Pangeran Maja Agung mempunyai istri empat yang salah satu istrinya bernama Dewi Cimilar Putri Jin, mempunyai seorang Putri bernama Dewi Ranggasmara.

Pangeran Pangeran Batara Sumenda adalah kakak dari Pangeran Maja Agung. Pada suatu hari Pangeran Maja Agung memanggil kedua putranya Pangeran Ahmad dan Pangeran Muhammad untuk memberikan tugas untuk mengislamkan daerah Ciamis Selatan.

Pangeran Maja Agung percaya bahwa kedua anaknya dapat menjalankan tugasnya karena mereka mempunyai kesaktian dari sepuluh jimat yang disebut Konco Kaliman.

Adik tirinya yang bernama Dewi Ranggasmara pernah meracuni kedua kakaknya karena menginginkan jimat, akan tetapi perbuatannya segera diketahui. Sebagai pembalasannya kakaknya hendak memperkosa adiknya tetapi hal itu tidak sempat dilakukan karena sempat diketahui oleh penakawannya.

Pada hari yang telah ditentukan Pangeran Ahmad dan Muhammad pergi untuk menjalankan tugasnya akan tetapi Pangeran Maja Agung tidak mendapat berita tentang putranya. Kemudian mengutus kakaknya Pangeran Raja Sumenda untuk mencarinya.
Pangeran Raja Sumenda pergi sendirian dari Mesir, beliau mendengar suara yang memberitahukan bahwa kedua keponakannya ada dalam sebuah gua.

Setelah ketemu kemudian melapor kepada Raja Maja Agung, tidak lama kemudian beliau menyusul dan bersama-sama bersemedi di gua ini yang sekarang diberi nama Gua Keramat.

Didalam gua ini terdapat dua kuburan yang bukan sebenarnya, hanya sebagai tanda saja bahwa ditempat inilah syech Ahmad dan Muhamad menghilang (tilem).

Lihat Semua Galeri Photo



#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Aneka Lainnya
Gembus Yang  Maknyus Semakin Langka di Pangandaran
Gembus Yang Maknyus Semakin Langka di Pangandaran
Selasa, 08 Mei 2012 08:50 WIB
Wilyah Pangandaran yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, secara tidak langsung membawa dampak terhadap adat istiadat dan budaya orang Pangandaran salah satunya kuliner, maka tak heran jika ke Pangandaran Anda menemukan
Nikmatnya Pecel Pangandaran
Nikmatnya Pecel Pangandaran
Jum'at, 04 Maret 2011 10:23 WIB
Siapa yang tak kenal dengan makanan yang yang namanya pecel, Jika Anda sedang berlibur di pantai pangandaran tiba-tiba diserang lapar setelah seharian berenang, tak perlu panik karena ada tukang pecel yang siap menyelamatkan
Menyaksikan Sunset Terakhir di 2011 dan Sunrise Pertama di 2012 di Pangandaran
Menyaksikan Sunset Terakhir di 2011 dan Sunrise Pertama di 2012 di Pangandaran
Rabu, 28 Desember 2011 19:20 WIB
Anda berencana liburan akhir tahun di Pangandaran? tentunya jangan sampai terlewat moment indah yang bisa anda nikmati dan abadikan yaitu menikmati Sunset atau matahari tenggelam terakhir di tahun 2011 dan juga sunrise 2012
Makan Sate Galunggung Jangan Nanggung-Nanggung
Makan Sate Galunggung Jangan Nanggung-Nanggung
Selasa, 27 September 2011 17:23 WIB
Anda penggemar sate?, jika sedang berwisata ke pantai pangandaran setelah seharian mengikuti full day tour, wah rasanya lapar, mau makan direstoran mahal, enak nih kayaknya makan sate? langsung saja menuju jalan kidang panan