Aneka
Tradisi Munggahan Warga Pangandaran

Tradisi Munggahan Warga Pangandaran
Setiap tradisi merupakan budaya turun temurun yang mau tidak mau harus dipertahankan oleh setiap generasinya , serta harus dipegang teguh karena itu salah satu bentuk rasa hormat kita terhadap leluhur di daerah tempat tradisi

Setiap tradisi merupakan budaya turun temurun yang mau tidak mau harus dipertahankan oleh setiap generasinya , serta harus dipegang teguh karena itu salah satu bentuk rasa hormat kita terhadap leluhur di daerah tempat tradisi itu berkembang.

Seperti halnya di akhir bulan Sya’ban, menjelang bulan Ramadhan, ada sebuah tradisi yang sampai saat ini masih kerap dilaksanakan oleh masyarakat. Khususnya di tatar sunda, Jawa Barat. Hampir setiap daerah, setiap desa, setiap kota tidak melewatkan moment ini. Bahkan setiap daerah memiliki keunikan dan keanekaragaman masing-masing dalam tradisi menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Yaitu "Munggahan" Tradisi ini merupakan bentuk rasa bahagia masyarakat sunda dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Bentuknya beragam, namun setiap daerah masih memiliki kesamaan. Tradisi tersebut juga merupakan bentuk rasa hormat mereka dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Karena bulan Ramadhan itu penuh berkah dan ampunan. Dimana ketika bulan Ramadhan Allah menurunkan rahmat dan pahala berlipat untuk setiap ibadah yang dilakukan manusia pada waktu itu.
Warga Pangandaran pun tak jauh berbeda, dan tradisi itu sudah berlangsung dari seminggu sebelum datangnya bulan Ramadhan, warga Pangandaran biasanya mengunjungi atau bersilaturahmi ke saudara, dan di lanjut dengan tradisi makan bersama dengan mengunjungi objek wisata pantai di Pangandaran. Namun Munggahan kali ini ada yang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, banyak warga Pangandaran melakukan tradisi ini dengan mengunjungi objek wisata Rafting yang baru-baru ini bermunculan seperti Curug Bojong, Santirah, Goa Lanang maupun Margacinta. 

Warga nampak antusias dengan aktifitas yang dilakukan dengan menyusuri sungai dengan rafting maupun dengan water tubing, harapan mereka dengan bermain di wahana air dapat membersihkan diri dan menyegarkan diri guna menyambut bulan suci dengan gembira.



#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Aneka Lainnya
Menengok Sejarah Gedung Uyeng Pangandaran
Menengok Sejarah Gedung Uyeng Pangandaran
Rabu, 14 September 2011 14:24 WIB
Bangunan berarsitektur Belanda di jalan Raya Babakan KM.1 memang selalu menjadi misteri,Gedung Uyeng Begitu warga Pangandaran menyebutnya, bangunan yang selalu terlihat angker dan menyeramkan,kondisi dinding yang retak-retak
7 Aktifitas Menantang Saat Berlibur di Pangandaran
7 Aktifitas Menantang Saat Berlibur di Pangandaran
Sabtu, 08 Maret 2014 00:50 WIB
Terkadang wisatawan beranggapan bahwa liburan di Pangandaran itu hanyalah wisata pantai, dan memang pantai yang landai dan hamparan pasir lembut dan luas selalu menjadi daya tarik tersendiri, terlebih fasilitas bermain juga s
Mengenang Jaman Ramenya Hajatan Nanggap Video di Pangandaran
Mengenang Jaman Ramenya Hajatan Nanggap Video di Pangandaran
Selasa, 10 April 2012 19:51 WIB
Eh Mang Poniran katanya minggu depan nikahin anaknya yang terakhir? Nanggap apa? video apa wayang? penggalan pertanyaan itu tentu akan mengingatkan anda Pangandaran Lovers di tahun 80 hingga 90-an dimana masih banyak
Ngetweet Tetap Jalan Saat Liburan Di Pangandaran
Ngetweet Tetap Jalan Saat Liburan Di Pangandaran
Rabu, 09 November 2011 21:31 WIB
Fenomena Social media memang tidak memandang usia, memandang tempat bahkan waktu, pun begitu dengan wisatawan yang saat berkunjung ke Pangandaran tidak lupa untuk ngetweet aktifitas yang dilakukan di Pangandaran.