Jawa Barat Kejar Target 49 Juta Wisatawan, Pangandaran Diapresiasi


Jawa Barat Kejar Target 49 Juta Wisatawan, Pangandaran Diapresiasi

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 49 Juta pada tahun 2018. Target yang sangat besar ini tentu melihat banyaknya potensi yang ada di Jawa Barat, salah satunya Pangandaran yang kini terus berbenah menata destinasi wisatanya. Jumlah itu ditargetkan terdiri atas 48 juta kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan 1.750.000 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, untuk mencapai target tersebut, iamenekankan beberapa hal terkait rencana strategis yang perlu dilakukan untuk mendongkrak pariwisata di Jabar. Hal itu yakni, menekankan inovasi dan visi besar dalam pengembangan pariwisata di Jabar, seperti dikutip dari Republika Online.

Pada kesempatan yang sama Aher juga mengapresiasi Kabupaten Baru Pangandaran, menurut Aher Kabupaten Pangandaran telah berhasil melakukan terobosan, sehingga dunia wisata di sana bisa memberikan penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) signifikan untuk pemasukan daerah. Karena, sejak awal Pangandaran sudah memiliki kesadaran kalau unggulannya adalah kepariwisataan. "Ketika Pangandaran menjadi Kabupaten Pangandaran, PAD-nya itu Rp 22 Miliar. Tahun 2017 PAD Pangandaran Rp 144 Miliar. Lompatannya akibat pariwisata luar biasa," kata Aher.

Terobosan dan visi yang dilakukan Pangandaran terlihat pada landscape kotanya. Pangandaran berani menghilangkan sekolah dan puskesmas kecil untuk membuat ruang terbuka hijau atau taman dilengkapi jalan besar. Kemudian Pemkab Pangandaran mengganti sekolah dan Puskesmas tersebut oleh bangunan sekolah dan Puskesmas yang lebih besar di lokasi lain.







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata Lainnya
Cerita Pemilik RM Karya Bahari yang Jadi Pilihan Tempat Makan Jokowi

Cerita Pemilik RM Karya Bahari yang Jadi Pilihan Tempat Makan Jokowi


Selasa, 24 April 2018 15:42 WIB
Presiden Jokowi telah meninggalkan Pangandaran, namun masih banyak cerita dalam lawatannya ke Kabupaten Pangandaran, salah satunya cerita dari Pemilik RM Karya Bahari yang dijadikan tempat santap siang Presiden Jokowi.
Ramaikan Taman Pesona Pangandaran, Culinary Night Di Gelar

Ramaikan Taman Pesona Pangandaran, Culinary Night Di Gelar


Minggu, 22 April 2018 07:48 WIB
Taman pesona Pangandaran yang terletak di Selatan pasar pananjung Pangandaran yang dari awal dibuka untuk umum kurang begitu ramai, kini berbeda. Hampir setiap malam terutama malam Minggu taman ramai dikunjungi warga karena kini dibuka zona berjualan bagi para pedagang yang diatur tertib oleh pemerintah daerah yang buka setiap sore hingga malam hari.
Kembangkan Kepariwisataan, 6 Kepala Daerah Sepakat Canangkan Pariwisata Terintegrasi Priangan Timur

Kembangkan Kepariwisataan, 6 Kepala Daerah Sepakat Canangkan Pariwisata Terintegrasi Priangan Timur


Kamis, 19 April 2018 16:51 WIB
‚ÄčBertempat di Aula meeting Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya pada 19 April 2018 tadi dilaksanakan pencanangan pengembangan pariwisata terintegrasi priangan timur, dengan dihadiri 6 perwakilan para kepala daerah se Priangan Timur yaitu Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Banjar, Ciamis, Garut dan Pangandaran.
Perkuat Kelembagaan, ATTAP lakukan Pelatihan SDM

Perkuat Kelembagaan, ATTAP lakukan Pelatihan SDM


Rabu, 18 April 2018 21:02 WIB
Perkumpulan tour dan travel agent Pangandaran atau Association tour and travel agencies (ATTAP) melakukan upaya penguatan kelembagaan dengan menggelar pelatihan sumber daya manusia dan management travel agent yang profesional menuju kabupaten pariwisata yang mendunia.