myPangandaran News | Berita Pangandaran Terkini

Tsunami Mentawai Cemaskan Warga Pangandaran

pada Jum'at, 29 Oktober 2010 22:14 WIB

Pangandaran,myPangandaran.com-Gempa yang disertai tsunami di Mentawai telah menyebabkan warga di Ciamis selatan, Ciamis cemas. Mereka cemas wilayah Ciamis selatan kembali digoyang gempa dahsyat yang disertai tsunami juga, seperti yang pernah terjadi beberapa tahun sebelumnya.

“Saya hampir setiap waktu didatangi warga. Mereka jelas cemas akan muncul gempa yang disertai tsunami lagi di Pangandaran dan sekitarnya,” kata H. Abdul Gofar, tokoh masyarakat Cijulang, mantan anggota DPRD Ciamis, Jumat (29/10).

Menurut Abdul Gofar, setiap kali mendengar warga menyampaikan kecemasannya, ia dengan tegas meminta masyarakat untuk tidak cemas. Namun demikian, warga tetap saja cemas. “Namun saya maklum dengan sikap warga tersebut,” ujarnya.

Terkait hal itu, Abdul Gofar selanjutnya berharap agar pemerintah, khususnya Pemkab Ciamis bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang pernah trauma oleh gempa dan tsunami di Ciamis selatan.Pemkab Ciamis, misalnya, diharapkan segera menurunkan petugas dari badan terkait untuk melakukan sosialisasi atau simulasi penanganan bencana jika sewaktu-waktu Ciamis selatan dilanda bencana lagi, walau hal itu tidak diharapkan.

“Bencana seperti gempa dan tsunami tentu tidak diharapkan datang lagi di Ciamis selatan. Namun demikian, sosialisasi dan simulasi penanganan bencana perlu dilakukan,” harap Abdul Gofar.Di tempat terpisah, puluhan warga Pangandaran kepada kami menyatakan kesetujuannya jika Pemkab Ciamis melakukan sosialisasi dan simulasi penanganan bencana sebagaimana diharapkan Abdul Gofar. Sosialisasi dan simulasi tersebut bahkan seharusnya bukan sekarang saja, tetapi harus sejak lama. “Harusnya, Pemkab Ciamis memang getol mengadakan sosialisasi dan simulasi kepada kami,” kata Andis Sose, Sekretaris Presidium Pemekaran Pangandaran. (PikiranRakyat)