myPangandaran News | Berita Pangandaran Terkini

Pilkades Serentak Kabupaten Pangandaran 2023

Oleh Redaksi 2 pada Rabu, 03 Mei 2023 06:19 WIB

Pangandaran, mypangandaran.com - Dari total 93 Desa di kabupaten pangandaran 8 diantarannya  melaksanakan pemilihan serentak kepala desa (Pilkades) , Rabu 3/5/2023.

Pesta Demokraksi Terpantau di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, warga begitu antusias dan berbondong - bondong mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih calon kepala desa yang diinginkannya.

Panitia pelaksana Pilkades Desa Babakan Iwan Mulyadi menyebutkan ada dua calon kades yang ikut dalam Pilkades Serentak tahun ini.

"Ada dua calon kades yang maju di Pilkades di Desa Babakan, Mayoritas mereka (warga) merupakan pedagang pantai dan nelayan, kemudian juga ada warga yang datang ke TPS dan mendaftar diri sebagai pemilih baru mencapai sekitar 68 persen," kata Iwan.,"

Menurut dia, ada 8.904 daftar pemilih tetap (DPT) dari lima dusun yang ada di Desa Babakan dengan jumlah 18 TPS.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Pangandaran Wawan Kustaman mengatakan, ada 25 bakal calon kepala desa tersebut ada di Kecamatan Langkaplancar berada di Desa Pangkalan sebanyak 5 orang, Kecamatan Parigi di Desa Parakanmanggu sebanyak 5 orang, Kecamatan Cimerak ada di Desa Sukajaya sebanyak 3 orang dan Desa Ciparanti sebanyak 3 orang, Kecamatan Pangandaran ada di Desa Babakan sebanyak 2 orang, Kecamatan Kalipucang di Desa Ciparakan sebanyak 3 orang, Kecamatan Mangunjaya di Desa Sukamaju sebanyak 2 orang dan Desa Mangunjaya sebanyak 2 orang bakal calon.

"Sebelum dimulainya pemungutan suara,para kandidat calon kepala desa menjalani masa tenang dulu mulai tanggal 30 April -2 Mei 2023. Kemudian ditanggal 3 Mei nya, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara," kata Wawan yang didampingi Kabid Penataan Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa Dinas Sosial PMD Kab Pangandaran Yuningsih.

Kemudian pada 4-5 Mei 2023, tahapan penetapan calon kepala desa terpilih oleh panitia pemilihan, 8-9 Mei penyampaian dan usulan calon kepala desa terpilih dari BPD ke Bupati melalui Camat.

Sehari sebelum dilaksanakannya Pilkades Serentak, jajaran Polres Pangandaran menggelar apel untuk mempersiapkan personel pengamanan .

Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat menyatakan bahwa Pilkades adalah momen untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan menjadi pesta demokrasi. Masyarakat memiliki peran penting dalam menentukan arah kebijakan serta kemajuan pemerintah desa.

" kami menghimbau kepada semua anggota untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pilkades dengan memberikan keamanan dan kenyamanan saat proses pemilihan berlangsung ," tegas Hidayat.

Kapolres Pangandaran mengatakan, Pilkades memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi karena ada potensi timbulnya konflik masyarakat yang memilih berbeda pilihan hal ini disebabkan kurangnya kesadaran dan pemahaman dan ini menjadi Tugas kita dalam memberikan pemahaman kepada mereka dan meningkatkan kesadaran, Semua akan lebih nyaman dan aman apabila kita bisa menghormati pilihan warga desa lainnya dan menerima hasil pilkades dengan legowo.