myPangandaran News | Berita Pangandaran Terkini

Ribuan Nelayan Pertanyakan Pembangunan PPI Pangandaran

pada Jum'at, 28 Januari 2011 06:57 WIB

Pangandaran,myPangandaran.com-Pembangunan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Dusun Cikidang , Desa Babakan, Kecamatan, Pangandaran, Ciamis, kembali mengundang tanya ribuan nelayan di Pangandaran. Pasalnya, pembangunannya kembali terhenti, padahal belum selesai.

“Aneh, kenapa tidak ada yang kerja lagi? Padahal pembangunannya belum selesai dan kami, nelayan, ingin segera memiliki dermaga tempat menyimpan perahu,” kata Tugino (42) dan Yana, nelayan Pangandaran , Kamis (27/1).

Menurut Tugino, di tahun 2010, pembangunan PPI yang dimulai tahun 2001 itu sempat terhenti beberapa kali, dengan alasan dana tidak mencukupi. Pertengahan 2010 kembali dilanjutkan, tetapi terhenti lagi selama beberapa bulan. Pada November 2010, kata dia, pembangunannya kembali dilanjutkan sampai Desember 2010. Tetapi sekarang sudah berhenti lagi. “Kenyataan itu tentu saja menyebabkan kami bertanya. Sebenarnya, masalahnya apa sehingga pembangunannya tidak lancar?” tanya Tugino lagi.

Akibat masih belum rampungnya PPI yang didambakan nelayan tersebut, hingga sekarang, para nelayan masih harus menambatkan perahunya di sepanjang Sungai Cikidang, atau di kawasan Cagar Alam, Pangandaran.

Menurut Yana, karena Sungai Cikidang dangkal dan pantai di kawasan Cagar Alam sudah padat oleh perahu, ribuan nelayan kalau akan melaut dan sehabis melaut, harus bersusah payah mengambil dan menyimpan perahu. “Ya, akhirnya mengambil susah, menyimpan pun susah,” ujarnya.

Wakil Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cabang Ciamis Ahmad Yusuf ketika dikonfirmasi juga mempertanyakan terbengkalainya pembangunan PPI Cikidang. Kata dia, kenyataan itu hendaknya tidak terjadi jika perhatian pemerintah terhadap nelayan besar.

“Saya sebenarnya memahami kesulitan keuangan yang dihadapi pemerintah terkait pembangunan PPI Cikidang. Tetapi ada baiknya, khusus pembangunan mulut pelabuhan diutamakan agar nelayan bisa menambatkan perahu di dermaga, walau belum selesai,” kata dia.

Sebelumnya, dalam keterangannya , Bupati Ciamis Engkon Komara mengatakan bahwa untuk membangun dan menyelesaikan PPI Cikidang itu, pihaknya memerlukan dana mencapai Rp 150 miliar. Dana sebesar itu, tidak bisa diperoleh dengan mudah.

“Kami berharap, pemerintah pusat memperhatikan keinginan ribuan nelayan untuk segera memiliki pelabuhan pendaratan ikan. Pemkab Ciamis telah mengusulkan anggaran sekitar Rp 150 miliar kepada pemerintah pusat. Mudah-mudahan saja bisa dipenuhi,” kata Engkon. ( Sumber PikiranRakyat)

#