myPangandaran News | Berita Pangandaran Terkini

Cuaca Cerah, Pengrajin Ikan Asin manfaatkan Jemur Ikan

Oleh Amin pada Rabu, 30 Januari 2019 10:52 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Republik Indonesia memprakirakan cuaca untuk wilayah Pangandaran dan sekitarnya pada Rabu, 30 Januari 2019, diperkirakan Cerah Berawan dengan rata-rata suhun 25° C dengan suhu minimum sebesar 22° C dan suhu maksimum yaitu 22° C. Sementara untuk tingkat kelembapan yaitu di angka 75% dengan kecepatan angin yaitu 4 km/jam.

Cuaca seperti ini dimanfaatkan oleh pengrajin ikan asin di Blok Lapang Kepatang Doyong Dusun Parapat Desa Pangandaran, sebagian dari Mereka menjemur ikan asin olahan Mereka. Ikan asin olahan para pengrajin ini mulai dari jambal roti, ikan layur, ikan bilis dan lain-lain, ini tergantung dari banyaknya hasil tangkapan nelayan. Di Pangandaran sendiri tangakapan nelayan kebanyakan musiman.

Selain untuk menjemur ikan, cuaca cerah juga dimafaatkan pengrajin ikan asin untuk menjemur udang rebon kalau sedang musim. Menurut salah satu pengrajin ikan asin di blok lapang kepatang doyong, kebetulan sekarang ini belum termasuk musim ikan jadi tidak terlalu banyak ikan asin yang dijemur.