Viral Photo Hoax Warnai Banjir di Sejumlah Wilayah di Pangandaran


Viral Photo Hoax Warnai Banjir di Sejumlah Wilayah  di Pangandaran

Bencana Alam yang sedang terjadi di Pangandaran hari ini (07/10) ternyata dibarengi dengan beredarnya beberapa foto bohong (hoax) di sosial media dan aplikasi messaging Whatsapp. Beredarnya foto ini tentu sangat disayangkan oleh warga Pangandaran khususnya.

Sebagai informasi, beberapa daerah di Pangandaran mengalami banjir dengan beragam kedalaman, hal ini terjadi karena hujan yang mengguyur semalaman di Pangandaran, selain itu hujan dengan beragam intensitas juga turun dalam kurun seminggu terakhir ditambah air pasang laut karena bertepatan dengan bulan purnama. Sementara untuk daerah yang longsor terjadi di Daerah Kalijati Kecamatan Sidamulih, bagian utara Kabupaten Pangandaran dan lokasinya cukup jauh dari Pantai Pangandaran dengan kontur tanah yang berbukit.

Beberapa objek wisata juga mengalami penutupan sementara karena debit air yang tinggi, namun biasanya akan dibuka kembali dalam beberapa hari kedepan setelah debit air normal kembali atau aman untuk melakukan aktifitas air seperti di Citumang, Green Canyon dan Santirah.

Sayangnya, informasi bencana yang terjadi di Pangandaran tersebar di media sosial dibarengi dengan beberapa foto bohong atau hoax yang menggambarkan banjir dan longsor dahsyat, padahal bukan di Pangandaran. Pantauan myPangandaran ada 2 buah foto yang diikut sertakan dalam informasi viral tersebut.
Photo Banjir Srilangka tahun 2007 yang menjadi Hoax dan diberitakan Banjir Pangandaran


Photo longsor dari Google yang diberitakan longsor di Pangandaran, padahal di Pangandaran tidak ada daerah ini.

Sampai berita ini diturunkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah terus berupaya melakukan pertolongan di beberapa titik. dan sampai saat ini tidak ada himbauan dari Pemerintah daerah untuk melarang wisatawan berkunjung ke Pangandaran karena sejumlah destinasi wisata aman untuk dikunjungi.







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Pastikan Kondisi Pangandaran Aman, Anggota DPRD Ini Upload Video di Sosmed

Pastikan Kondisi Pangandaran Aman, Anggota DPRD Ini Upload Video di Sosmed


Sabtu, 16 Desember 2017 08:07 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran Endang Ahmad Hidayat dari Fraksi PKS mengunggah sebuah video di akun Facebooknya. Dalam video pendeknya yang berdurasi 1 menit 21 detik ini, Ustad Endang, demikian Panggilannya menghimbau wisatawan untuk tidak takut ke Pangandaran
Ini Kondisi Terkini di Pangandaran Paska Gempa Tasikmalaya

Ini Kondisi Terkini di Pangandaran Paska Gempa Tasikmalaya


Sabtu, 16 Desember 2017 06:37 WIB
Pantai Pangandaran hari ini terlihat cerah dan tidak ada tanda-tanda telah terjadi air surut ataupun pasang seperti ramai di sosial media. Sebagian warga tampak mulai melakukan aktifitas rutinnya.
Gempa Tasikmalaya Berpotensi Tsunami, Pangandaran Aman

Gempa Tasikmalaya Berpotensi Tsunami, Pangandaran Aman


Sabtu, 16 Desember 2017 05:35 WIB
Gempa cukup besar dirasakan di Pangandaran, gempa yang juga diikuti oleh peringatan dini Tsunami akhirnya tidak terjadi. Berita yang mengabarkan bahwa air laut Pangandaran surut adalah berita tidak benar atau hoax.
Waduh, Gedung Bersengketa di Pangandaran ini Dirobohkan Pemilik Lahan

Waduh, Gedung Bersengketa di Pangandaran ini Dirobohkan Pemilik Lahan


Kamis, 09 November 2017 14:00 WIB
Sebuah gedung yang berdiri di dusun Karang Gedang Desa babakan Kec. Pangandaran hari ini Kamis, 11 November 2017 dirobohkan setelah ada keputusan dari pihak Pengadilan Negeri Ciamis dan kekuatan hukum dari Mahkamah Agung Republik Indonesia.