HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat


HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat

Pangandaran, myPangandaranNews - Mengacu terhadap Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disahkan pada tanggal 26 April 2007. Undang-Undang  tersebut adalah perangkat hukum    pertama    yang   merubah  paradigma  penanggulangan  bencana  dari  perspektif  responsif  ke preventif (pengelolaan risiko bencana), dan dengan inisiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan mengajak semua pihak meluangkan satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak pada tanggal 26 April setiap tahun nya.

Bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana, di Pangandaran sendiri kegiatan tersebut dilaksanakan terpusat di bangunan evakuasi bencana Tsunami di Pasar Wisata Pangandaran, dengan melibatkan sebanyak enam sekolah dasar di Pangandaran, serta warga sekitar, kegiatan berlangsung sigap dan hidmat.

Kegiatan utama pada Hari Kesiapsiagaan Bencana di Pangandaran dengan digelar latihan atau simulasi serentak seluruh peserta berlari menuju shelter dengan diselingi latihan evakuasi mandiri, simulasi kebencanaan, uji sirine peringatan dini yang terdapat di gedung Telkom Pangandaran serta sekaligus uji “shelter” yang belum sempat diresmikan untuk selanjutnya di gunakan sebagai tempat evakuasi ketika terjadi bencana.

Kegiatan juga dihadiri oleh Bupati, aparat pemerintahan, serta badan kesiapsiagaan bencana seperti Tagana, FKDM dan lainya, pada sambutanya Bupati mengapresiasi terhadap kegiatan tersebut dan berharap para badan kebencanaan bermarkas di shelter guna memudahkan koordinasi, serta mengingatkan bencana lain selain Tsunami yang mengincar seperti banjir dan longsor, bupati mengajak melakukan dari tindakan kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan.

Dengan di gelarnya kegiatan HKBN tersebut diharapan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai posisi manusia di tengah kerentanan bencana serta risiko dan solusi dalam merespon risiko bencana tersebut.







Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Pastikan Kondisi Pangandaran Aman, Anggota DPRD Ini Upload Video di Sosmed

Pastikan Kondisi Pangandaran Aman, Anggota DPRD Ini Upload Video di Sosmed


Sabtu, 16 Desember 2017 08:07 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran Endang Ahmad Hidayat dari Fraksi PKS mengunggah sebuah video di akun Facebooknya. Dalam video pendeknya yang berdurasi 1 menit 21 detik ini, Ustad Endang, demikian Panggilannya menghimbau wisatawan untuk tidak takut ke Pangandaran
Ini Kondisi Terkini di Pangandaran Paska Gempa Tasikmalaya

Ini Kondisi Terkini di Pangandaran Paska Gempa Tasikmalaya


Sabtu, 16 Desember 2017 06:37 WIB
Pantai Pangandaran hari ini terlihat cerah dan tidak ada tanda-tanda telah terjadi air surut ataupun pasang seperti ramai di sosial media. Sebagian warga tampak mulai melakukan aktifitas rutinnya.
Gempa Tasikmalaya Berpotensi Tsunami, Pangandaran Aman

Gempa Tasikmalaya Berpotensi Tsunami, Pangandaran Aman


Sabtu, 16 Desember 2017 05:35 WIB
Gempa cukup besar dirasakan di Pangandaran, gempa yang juga diikuti oleh peringatan dini Tsunami akhirnya tidak terjadi. Berita yang mengabarkan bahwa air laut Pangandaran surut adalah berita tidak benar atau hoax.
Waduh, Gedung Bersengketa di Pangandaran ini Dirobohkan Pemilik Lahan

Waduh, Gedung Bersengketa di Pangandaran ini Dirobohkan Pemilik Lahan


Kamis, 09 November 2017 14:00 WIB
Sebuah gedung yang berdiri di dusun Karang Gedang Desa babakan Kec. Pangandaran hari ini Kamis, 11 November 2017 dirobohkan setelah ada keputusan dari pihak Pengadilan Negeri Ciamis dan kekuatan hukum dari Mahkamah Agung Republik Indonesia.