myPangandaran News | Berita Pangandaran Terkini

Menyaksikan Gerhana Bulan dari Pantai Pangandaran

Oleh Satimin pada Rabu, 15 Juni 2011 12:49 WIB

Pangandaran,myPangandaran.com-Dini hari besok Kamis (16/07) adalah fenomena langka bagi masyarakat Indonesia khususnya para warga dan wisatawan yang sedang berlibur di Pantai Pangandaran untuk menyaksikan keseluruhan fase gerhana bulan total dari tepi pantai yang berdurasi selama 100 menit, gerhana bulan total ini terjadi ketika bulan, bumi dan matahari berada pada satu garis lurus.

Dikutip dari beberapa media online, Gerhana bulan total akan dimulai pada pukul 00.25 WIB dan berakhir pada pukul 05.59 WIB. Berdasarkan publikasi NASA, totalitas atau kondisi saat Bulan tak tampak sama sekali akan berlangsung selama 100 menit, dari pukul 02.22 WIB hingga pukul 04.02 WIB.Meski fenomena ini terjadi setiap tahunnya, namun dibeberapa tidak bisa menyaksikan keseluhuran fase gerhana bulan. Gerhana bulan total yang akan terjadi 16 Juni 2011 besok hampir bisa disaksikan di semua wilayah di Indonesia.

Dari beberapa informasi warga pangandaran yang kebetulan bekerja di bidang media online mereka sudah mengetahui informasi mengenai fenomena gerhana bulan total pada hari Kamis 16 Juni 201, hanya saja para pedagang atau wisatawan yang kebetulan sedang berlibur di pantai pangandaran banyak yang tidak mengetahui informasi akan adanya gerhana bulan.

Bagi warga muslim jika terjadi gerhana bulan atau matahari disunahkan untuk mendirikan sholat gerhana, bisa dilakukan sendiri ataupun berjamaah di masjid-masjid terdekat dengan rumah tinggal.

#