Home >

Buah Tangan Cangkang-Cangkang Kerang Pangandaran


Buah Tangan Cangkang-Cangkang Kerang Pangandaran

Pangandaran,myPangandaran.com-

Selain bisa dinikmati sebagai makanan laut, kerang punya potensi bagus untuk dijadikan cinderamata. Tidak ada hal istimewa dari keberadaan cangkang-cangkang kerang yang berserakan di sekitar pantai atau daerah perairan. Sekilas, mereka terlihat hanya sebagai sampah laut, dibiarkan hanyut terseret ombak atau menyangkut di atas tumpukan pasir.

Padahal, dengan sedikit kreasi, cangkang-cangkang itu bisa menjadi barang bermanfaat. Sebelum berubah menjadi cinderamata, ada sederet proses harus dilakukan oleh perajin kerang.

Proses pertama adalah membersihkan kerang dari kotoran yang menempel. Kemudian, direndam dengan cairan kimia kaporit untuk menghilangkan bau serta mudah dibentuk sesuai selera. Setelah itu, biarkan mengering dan keras kembali, baru diamplas sampai halus. Proses terakhir adalah pemberian resin catalis supaya kerang terlihat licin dan keras.

Pembuatan kerang tidak terlepas dari seni keterampilan pembuatnya. Semakin rumit bentuk barang atau hiasan, semakin besar harga yang ditawarkan. Sementara, produk-produk buatan perajin kerang antara lain, beraneka ragam produk rumahtangga, aksesoris dan souvenir, dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.

Untuk menambah cantik benda-benda tersebut, kerang pun dipadukan bersama material lainnya, sebut saja kayu, kulit, kain, bahkan perhiasan. Soal harga, kerajinan ini cukup terjangkau. Berkisar lima ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

Lalu, dimana bisa menemukan sentra perajin kulit kerang? Hampir di seluruh wilayah Indonesia terdapat tempat kerajinan kerang. Kebanyakan masyarakat yang hidup di daerah pantai, selain memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, mereka pun tidak melewatkan kesempatan bisnis memproduksi kulit kerang yang mempunyai nilai ekonomis.

Di Jawa Barat, sentra perajin kulit kerang salah satunya terdapat dl Ciamis. Jika berkunjung ke Pantai Pangandaran, Ciamis, ada banyak penjual kerang-kerangan tersebar di kawasan pantai ini.

Para pedagang di sini rata-rata menjual souvenir untuk oleh-oleh wisatawan. Harga pun bervariasi, tidak berlebihan. Contoh, cinderamata gantungan kunci dibandrol dengan harga Rp 5.000 saja dan untuk hiasan lampu mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 50.000.Kerang

Dan, di Jawa Tengah, tepatnya di Pantai Baron, Yogyakarta, juga terdapat perajin kulit kerang-kerangan. Seperti di Pangandaran, mereka menjual cinderamata khas laut itu dengan harga tidak melebihi kantong Anda. Sekitar Rp 20.000 untuk ukuran kecil atau sedang dan Rp 100.000 untuk ukuran besar. Benda-benda itu laris terjual di musim liburan, juga akhir pekan.

Kalau ingin mencari peralatan rumahtangga dari bahan cangkang-cangkang kerang, Anda bisa berkunjung ke Pantai Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur. Sentra perajin kulit kerang di tempat ini sudah cukup terkenal. Uniknya, mereka masih menggunakan cara tradisional, tidak menggunakan mesin untuk membuat benda-benda cantik itu.

Perabot rumahtangga yang dijual biasanya adalah perangkat makan, wastafel, kloset, wadah sabun, hiasan lampu, dan masih banyak lagi. Selain itu, tersedia pula pernak-pernik, tirai, bingkai foto, hiasan dinding, gelang, serta kalung.

Sayangnya, dari sekian banyak perajin kerang dengan kualitas baik, baru sedikit yang mengekspor ke luar negeri karena pengaruh modal tidak mencukupi. Maka, tidak jarang mereka meminta pemerintah setempat agar memberikan bantuan biaya untuk mengirimkan hasil kerajinan tersebut ke luar negeri.

Bukan dari pemerintah saja, melainkan pihak swasta dan masyarakat diharapkan mampu mendongkrak industri kerajinan khas Indonesia di pasaran internasional, sehingga turut menghasilkan devisa negara. Plus, hiasan indah di rumah Anda.


Sumber: Majalah Travel Club







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini