myPangandaran News | Berita Pangandaran Terkini

FOTO: Nampaling, Tradisi Menangkap Belalang di Desa Cikalong Pangandaran

Oleh Redaksi pada Sabtu, 19 September 2020 21:43 WIB

Setiap selesai musim panen, warga di Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, selalu melaksanakan kegiatan yaitu Festival Budaya Nampaling.

Festival Nampaling merupakan tradisi lokal masyarakat Sidamulih dalam membasmi hama tanaman terutama padi.

Kegiatan yang digelar dalam festival, yaitu memburu dan menangkap berbagai belalang yang dianggap menjadi hama tanaman petani dengan menggunakan alat sair (alat untuk menangkap ikan) atau lebih dikenal dengan sebutan nampaling.



Dengan membawa alat nampaling atau alat untuk menangkap belalang berbahan bambu disebut tampaling, warga berburu belalang ke sawah beramai-ramai dan hasil tangkapannya berupa belakang dimasukkan ke dalam toler yang bahannya juga terbuat dari bambu sama dengan tampaling.

Sementara itu masyarakat Desa Cikalong yang mengikuti kegiatan ini sekaligus menjadi peserta festival, tampak semangat dan gembira dalam melaksanakan kegiatan ini.


Dengan membawa alat nampaling atau alat untuk menangkap belalang berbahan bambu, warga berburu belalang ke sawah beramai-ramai.

Hasil tangkapannya berupa belakang dimasukan ke dalam toler yang juga terbuat dari bambu

Festival tersebut dimeriahkan oleh kesenian ronggeng gunung, gegedugan, kuliner khas Cikalong, lomba layang-layang, dan sepeda santai yang diikuti oleh warga masyarakat setempat.

Agenda itu mendapat apresiasi luar biasa dari H Jeje Wiradinata selaku Bupati Kabupaten Pangandaran.