Wisata dan Kuliner
Saat Melakukan Perjalanan Di Pantai

Saat Melakukan Perjalanan Di Pantai

1. Kenalilah terlebih dahulu karakter daerah pantai yang akan dilalui, daerah-daerah selatan Indonesia umumnya mempunyai banyak lintasan pasir dan karang, sedangkan di daerah utara pulau jawa umumnya terdiri dari daerah rawa-rawa karena pengaruh laut jawa yg tidak terlalu besar bagi geomorfologi utara jawa.

2. Minumlah terlebih dahulu obat anti MALARIA karena daerah pantai umumnya merupakan daerah yang rentan terhadap nyamuk.

3. Bawalah perlengkapan yang sesuai untuk medan pantai misalnya, sunblock, topi penutup kepala yang lebar. untuk perbekalan dapat membawa buah-buahan atau minuman yang segar, gunakan sepatu yang lebih kuat dari kemungkinan rusak oleh air.

4. Waspada jika medan yang ditemui adalah batu karang, karena ombak bisa datang dan menyeret kita.

5. Jika berjalan di daerah rawa, usahakan untuk bisa melihat ke arah laut ataupun bejalan dan menginjak kayu-kayu dari pohon bakau, usahakan tetap memiliki acuan jalan (bisa melihat ke sebuah titik acuan), jika anda ragu-ragu berjalanlah dengan sudut kompas.

6. Selalu perkirakan posisi anda berada dan sesuaikan dengan peta untuk melihat titik-titik sumber air berikutnya.

7. Tetap lakukan navigasi pantai dengan membidik tanjung dan belokan-belokannya, pulau-pulau kecil atau tanda2 lainnya di sepanjang pantai, misalnya karang, titik triangulasi pantai, bukit-bukit pasir ataupun medan berbukit yang bisa terlihat dari pantai.

8. Berhati-hatilah saat menyeberangi sungai, orang pertama yang menyeberangi selalu mengaitkan dirinya dengan tali ataupun membawa pelampung, jika ingin melambung ke arah hulu sungai pastikan anda tidak terlalu jauh ke arah daratan agar mudah kembali ke pantai. Bisa dicoba juga membuat rakit dari kayu atau batang pisang, perhatikan arus sungai.

9. Usahakan berjalan di medan pasir yang agak basah, lintasan pasir kering biasanya lebih berat dilalui, kecuali lapisan pasirnya padat, lapisan pasir yang berwarna kehitaman, padat dan agak basah biasanya dapat dijalani lebih cepat.

10. Gunakan sepatu ! karena benda ini akan melindungi kaki anda dari banyak bahaya di pantai, hindari pemakaian sendal jepit karena mudah lepas, sulit dipakai berjalan di medan pasir kering, dan tidak dapat melindungi kaki secara keseluuhan...

Sumber : Ngex



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata dan Kuliner Lainnya
Menyusuri Sungai dan Mancing di Pangandaran
Menyusuri Sungai dan Mancing di Pangandaran
Rabu, 29 Agustus 2012 07:02 WIB
Pangandaran, adalah pilihan utama untuk menghabiskan libur lebaran di tahun 2012 ini.Selain berjumpa dengan sanak keluarga tentunya banyak tempat-tempat rekreasi yang bisa dikunjungi baik Cagar Alam, Pantai dan tempat-tempat yang mungkin tak banyak orang menyukai kegiatan ini yaitu, menyusuri Kali atau anak Sungai yang mengalir ke muara Pantai.
Hidupkan KA Banjar-Pangandaran Perlu Rp.150 M
Hidupkan KA Banjar-Pangandaran Perlu Rp.150 M
Senin, 19 September 2011 12:53 WIB
Rumor rencana Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk membangun dan menghidupkan kembali jalur kereta api yang menghubungkan Kota Banjar dan Pangandaran sudah terdengar dari dulu, dikutif dari Harian Pikiran Rakyat artikel ini dimuat sebagi berita pada edisi 15/05/2004.
Rasa Asam Unik dari Pangandaran, Catatan Nasional Geographic Jelajah pangandaran
Rasa Asam Unik dari Pangandaran, Catatan Nasional Geographic Jelajah pangandaran
Kamis, 29 November 2012 18:37 WIB
Dalam rangkaian Jelajah Pangandaran 2012, National Geographic Indonesia mencoba beberapa menu sari laut yang telah lama diakrabi setiap kali berkunjung ke Pangandaran.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini