Pendidikan dan Budaya
Pangandaran, Sulawesi Selatan, Indonesia ?

Pangandaran, Sulawesi Selatan, Indonesia ?

Menurut sejarahnya nama Pangandaran terbagi menjadi dua suku kata yaitu Pangan yang artinya makanan, dan Daran yang berarti sandaran makan secara harfiah Pangandaran bisa di artikan tempat orang bersandar dan mencari makanan.

Berbekal informasi dari si Mbah Google, iseng-iseng mencari keyword "pangandaran" ternyata selain website informasi wisata, blog, travel dan hotel, ada yang membuat tertarik untuk menulis artikel ini.Pangandaran ternyata bukan hanya ada di Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Pangandaran juga ada di salah satu desa terpencil di Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat tepatnya di Kecamatan Tabulahan.

Pangandaran Kabupaten Ciamis dengan sejuta potensi pariwisatanya seperti objek Pantai Pangandaran, Green Canyon, Batu Hiu, Cagar Alam dan lain-lain, sedangkan di Desa Pangandaran Kecamatan Tabulahan Kabupaten Mamasa dihuni oleh suku Toraja yang penduduknya mayoritas bertani dan bercocok tanam karena tekstur tanah di daerah ini memang cocok untuk bertani dan berkebun dengan ketinggian 800 meter diatas permukaan laut.

Hasil bumi yang paling banyak adalah kopi, rotan, dan coklat. sedangkan hasil pertaniannya adalah padi, memiliki beberapa objek wisata, yaitu Wisata Budaya Kuburan Tedong-tedong di Kecamatan Balla, Minanga di Sesenapadang, Wisata Alam Air Terjun Sarambu, Permandian Air Panas di Desa Rambusaratu` Kecamatan Mamasa, Agro Wisata Perkebunan Markisa di Kecamatan Mamasa, Wisata Budaya Rumah Adat, Perkampungan Tradisional Desa Ballapeu, Tradisi Mebaba` dan Mangngaro di Nosu merupakan tradisi yang unik.

Seperti halnya Pangandaran ternyata nama Parigi (Kabupaten Ciamis) juga ada di Sulawesi,Parigi salah satu Kecamatan di Provinsi Sulawesi Selatan Parigi beribukota di Salu`toa, sebuah kampung yang berjarak 9 km dari Malino ibukota Kecamatan Tinggimoncong.

Awalnya berpendapat kalau nama Pangandaran itu hanya ada satu yaitu di Kabupaten Ciamis, hal ini diperjelas oleh si mang fesbuk, setiap pencarian dengan kata pangandaran selalu ada dua pilihan Pangandaran,Sulawesi Selatan dan Pangandaran,Jawa Tengah,  sayangnya Pangandaran,Jawa Barat tidak ada, dan ternyata masih banyak nama-nama daerah atau kecamatan yang sama di nusantara Indonesia tercinta.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pendidikan dan Budaya Lainnya
Susi Pudjiastuti, Inilah Sepenggal Kisah Hidup Saya
Susi Pudjiastuti, Inilah Sepenggal Kisah Hidup Saya
Kamis, 30 Oktober 2014 06:04 WIB
Inilah sepenggal kisah dari saya, Saya mengenal dunia usaha sejak remaja. Tepatnya sejak saya memutuskan untuk meninggalkan bangku sekolah tahun 1982. Waktu itu saya baru kelas 2 SMA. Saya sadar dengan hanya berbekal ijazah SMP,
Lebih Dekat dengan Si Pengisap Darah
Lebih Dekat dengan Si Pengisap Darah
Rabu, 26 Mei 2010 05:07 WIB
Mendengar nama Pangandaran, siapa pun akan terbayang pantainya yang indah. Pangandaran di selatan Kabupaten Ciamis memang obyek wisata andalan Jawa Barat. Namun
Berinteraksi dengan Televisi Lewat IPTV
Berinteraksi dengan Televisi Lewat IPTV
Rabu, 20 April 2011 04:11 WIB
Televisi sejak kelahirannya sudah menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan oleh orang, bahkan diawal tahun 2000, banyak sekali stasiun televisi baik lokal maupun nasional bermunculan. Kesemua stasiun televisi itu umumnya dapat disaksikan melalui pesawat televisi dengan teknologi UHF, Satelit atapun kabel.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini