Kajian Islam
10 Langkah Sehat Sehari Sebelum Berpuasa

10 Langkah Sehat Sehari Sebelum Berpuasa

Besok adalah hari pertama kita Puasa, Senin (01/08/2011) pun akan jadi hari pertama bagi para umat Muslim untuk menunaikan ibadah puasa. Agar tetap segar dan sehat saat berpuasa, ada beberapa tips yang sebaiknya dilakukan satu hari sebelum menjalankan puasa. Langkah ini diperlukan, untuk mencegah tubuh dehidrasi, lemas dan kekurangan energi selama puasa. Ini dia tipsnya:.

  1. Cukupkan Istirahat sehari sebelum puasa, pergunakan waktu seektif mungkin untuk kegiatan ibadah dan juga Istirahat, sempatkan istirahat walaupun anda sedang bersemangat ibadah.
  2. Hindari olahraga yang tidak biasa anda lakukan misalkan tiba-tiba memanjat gunung ataupun olahraga berat sedangkan anda tidak terbiasa melakukannya, hal ini akan membuat anda lelah dan sakit badan dan menyebabkan kondisi tubuh kurang fit untuk sahur dan berpuasa esok hari.
  3. Jangan konsumsi makanan atau minuman mengandung banyak kafein dan gula. Mulailah perbanyak minum air putih lebih dari biasanya, misalnya 9 atau 10 gelas.
  4. Jangan lupa untuk membantu tubuh dengan suplemen yang aman dan biasa anda gunakan, hindari suplemen penahan lapar dan sejenisnya apalagi yang tidak biasa digunakan.
  5. Konsumsilah makanan dalam porsi kecil setiap dua jam sekali, tapi hindari yang tinggi kandungan garamnya. Karena, sodium dalam garam bisa mengurangi kadar air dalam tubuh.
  6. Menjelang malam, santaplah makanan tinggi karbohidrat, lengkap dengan protein, serat dan vitamin. Meskipun dini hari nanti Anda akan santap sahur, makan malam harus tetap dijalankan seperti biasa agar kebutuhan kalori tetap tercukupi untuk hari ini.
  7. Bangunlah minimal satu jam lebih awal untuk santap sahur. Jadi, Anda bisa menikmati makanan dengan santai dan perlahan, juga memberi waktu bagi lambung untuk beradaptasi menerima makanan di luar jam makan biasanya.
  8. Jangan makan terburu-buru saat sahur, karena bisa menyebabkan perut `kaget` dan mengalami konstipasi. Hindari juga makanan pedas dan terlalu banyak lemak. Makanan ini bisa memicu naiknya asam lambung sehingga menyebabkan perut mual dan perih.
  9. Biasakan Anda sudah selesai makan sahur, 15 menit sebelum tiba waktu berpuasa (adzan subuh). Pergunakan waktu ini untuk minum segelas air putih, bersantai sebentar dan gosok gigi.
  10. Niatkan esok hari puasa dengan iklas dan hanya ingin mendapat keridhoan dari Allah SWT, semangat dalam diri dapat membantu kesehatan anda lebih bugar. (Dari Berbagai Sumber Diantaranya About, Google)



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Kajian Islam Lainnya
Green Canyon : 50 Menit Memukau dengan Segala Keunikannya!
Green Canyon : 50 Menit Memukau dengan Segala Keunikannya!
Sabtu, 19 Februari 2011 07:51 WIB
Menyambung dari kegiatan sebelumnya ke Ujung Genteng dan Ujung Kulon, kali ini temanku yang kebetulan menjadi EO sebuah trip, menawarkan Green Canyon dan Pangandaran (pantai). Aku memang sudah lama ingin ke tempat ini. Penasaran!! Setiap orang yang kujumpai dan hobbynya menikmati alam, akan mengatakan : Keren!!
Tips Agar Foto Traveling Anda di Pangandaran Lebih Unik
Tips Agar Foto Traveling Anda di Pangandaran Lebih Unik
Rabu, 11 Juli 2012 10:43 WIB
Setiap tempat yang kita kunjungi di objek wisata pantai pangandaran dan sekitarnya selalu memiliki suasana baru, orang-orang baru dengan rutinitas yang berbeda dari yang kita lihat sehari-hari, landscape, Kuliner semua adalah obyek foto yang menarik. Jika kita ingin foto-foto perjalanan menjadi lebih baik maka, kita harus jeli menangkap semua suasana saat traveling atau berwisata untuk menambah pundi-pundi foto di katalog kita sambil mengasah kemampuan memotret.
Kedung Gondang, Sihulu Sungai yang Indah
Kedung Gondang, Sihulu Sungai yang Indah
Kamis, 19 Mei 2011 05:05 WIB
Kedung gondang adalah nama suatu hulu sungai, disinilah tempat memancingku sewaktu kecil dulu,terletak ditengah-tengah pesawahan yang subur bernama sawah Ciuru,terletak disebelah utara desa Sidomulyo Pangandaran,tempat ini jarang sekali terjamah oleh orang,oleh karena itu sampai sekarang juga masih terlihat seperti dulu sebagai tempat memancing yang paling indah dan nyaman
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini