Kajian Islam
Tips Jalan-Jalan Saat Ramadhan

Tips Jalan-Jalan Saat Ramadhan

Selama Ramadan bukan berarti beberapa aktivitas yang pernah Anda jalani menjadi terhenti karena berpuasa. Anda masih dapat melakukan aktivitas seperti biasa, seperti berolahraga dan berwisata.

Travelling salah satu aktivitas yang dapat mengobati rasa stress dan memenuhi hasrat berjalan. Namun, diperlukannya ekstra khusus saat berwisata di bulan Ramadan, karena selama puasa tubuh tidak menerima asupan sekitar 13 jam.

Berikut berberapa tips yang dapat Anda lakukan jika ingin berwisata saat puasa :

1. Lakukan sahur & Berbekal
Modal berpuasa salah satunya dating ketika menyantap makanan saat sahur. Suplemen dan memperbanyak minum air putih adalah hal yang dianjurkan agar kesehatan tetap terjaga. Terlebih lagi jika berwisata ke daerah-daerah yang memiliki cuaca berbeda dari daerah asalmu.

2. Tujuan perjalanan
Memilih destinasi yang tepat adalah hal yang paling diutamakan. Destinasi yang tepat dapat mendukung ibadah selama Ramadan. Misalnya, berpergian di daerah-daerah yang relijius, seperti Wisata Jiarah Taman Wisata Alam Cagar Alam Pangandaran.

Destinasi yang tepat juga tidak membuat diri lupa saat menjalankan ibadah puasa. Intinya, berkunjunglah ke tempat-tempat yang memiliki suasana Ramadan dan dapat mengingatkan dalam menjalankan ibadah.

3. Packing
Kapasitas tubuh yang terbilang terbatas saat berpuasa, membuat berwisata Anda mengharuskan barang-barang yang tidak perlu agar tidak dibawa. Hal ini akan menambah kapasitas berat pada barang bawaan Anda. Apalagi jika perjalanan yang cukup jauh. Saat berkemas, lakukan seefisien mungkin.

selama dalam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, isi kegiatan mendengarkan ceramah dengan memutar radio yang tersedia di kendaraan Anda selama perjalanan. Sisihkan pula uang Anda untuk bersedekah dan diberikan kepada orang yang membutuhkan saat dalam perjalanan liburan.

4. Istirahat
saat waktu buka puasa telah tiba, beristirahatlah sejenak untuk melakukan buka puasa dengan makanan dan minuman yang manis untuk meningkatkan kembali tenaga Anda. Lalu lakukan ibadah terlebih dahulu, barulah kemudian lanjutkan wisata Anda. 

Sumber : Merdeka.com



#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Kajian Islam Lainnya
Tips Backpackeran Ala myPangandaran
Tips Backpackeran Ala myPangandaran
Rabu, 25 April 2012 11:43 WIB
Musim liburan telah tiba, jika Anda adalah seorang backpackeran yang berencana liburan ke Pantai Pangandaran untuk sekedar merefresh dari hiruk pikuk dan rutinitas keseharian. Agar liburan Anda lebih sempurna, inilah beberapa tips yang harus Anda persiapkan dengan matang sehingga semuanya berjalan lancar.
Catatan Kecil Untuk Pangandaran
Catatan Kecil Untuk Pangandaran
Kamis, 25 November 2010 12:26 WIB
Aku dilahirkan di Pangandaran 26 tahun yang lalu, Bapak ku seorang nelayan, rumahku terbuat dari bilik bambu berlantaikan tanah dan beratapkan daun nipah dalam bahasa sunda (dahon) dengan menggunkanan penerangan lampu teplok (damar).Meskipun kami hidup sederhana tapi kami sekeluarga merasa bahagia, setiap harinya Bapak ku dapat tangkapan ikan yang banyak, tapi saat itu harga ikan masih sangat murah, sekalipun dapat banyak hasilnya tak seberapa di bandingkan jaman sekarang, hanya cukup untuk makan sekeluarga.
Tetesan-tetesan Air Green Canyon
Tetesan-tetesan Air Green Canyon
Kamis, 03 Maret 2011 09:09 WIB
Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat, kurang lebih 31 km dari Pangandaran. Nama Green Canyon dibawa oleh dari seorang berkebangsaan Prancis. Warna air sungai yang kehijauan mungkin menjadi alasan