Kajian Islam
Puasa Wajib Bulan Romadhon dan Beberapa Keistimewaannya

Puasa Wajib Bulan Romadhon dan Beberapa Keistimewaannya

PUASA WAJIB bulan Romadhon adalah puasa yang harus dilakukan selama sebulan Romadhon. "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas or- am sebelum kamu agar kamu bertakwa, (Yaitu) beberapa hari tertentu. (QS. 2/Al-Baqoroh: 183-184) Nabi Muhammad Rosulullah saw. bersabda,


"Telah datang kepada kalian bulan Romadhon, bulan yang diberkahi. Al≠lah SWT telah mewajibkan kalian berpuasa di dalamnya. (HR. Nasa i dan Baihaqi)

Apabila puasa Romadhon ini ditinggalkan tanpa alasan yang dapat dibenarkan menurut syariat, maka tidak dapat ditebus dengan apapun. Abu Huroiroh ra. mengungkapkan, Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Siapa yang tidak berpuasa sehari pada bulan Romadhon, tanpa halangan yang diizinkan Allah atau sakit, maka tidak dapat dibayar sepanjang masa, meskipun dilaksanakannya." (HR. Abu Dawud, Nasai, Tirmidzi, Ibnu Majah, Baihaqi, dan Ibnu Khuzaimah)

Bulan Romadhon ini memiliki beberapa keistimewaan, antara lain;

  1. Dibukakan pintu-pintu surga, dan ditutuplah pintu-pintu neraka.

    Abu Huroiroh ra. mengabarkan, Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Apabila datang bulan Romadhon, maka dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka, serta semua setan dibelenggu. (HR. Muslim).†Pertanyaannya adalah kalau benar setan itu dibelenggu selama bulan Romadhon, kenapa masih banyak tindak kejahatan dan kemaksiatan? Al-Qurthubi menyatakan jumlah kejahatan dan kemaksiatan itu berkurang dari orang- orang berpuasa yang benar-benar memelihara syarat dan etika puasa. Sedangkan setan yang dibelenggu itu tidak semuanya, melainkan hanya sebagian, yakni yang ingkar saja. Kalaupun semua setan dibelenggu, bukan berarti tidak akan terjadi kejahatan dan maksiat. Sebab maksiat dan perilaku jahat itu terjadi selain karena godaan setan juga karena nafsu jahat manusia itu sendiri yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitarnya.
  2. Romadhon, bulan penghapusan Dosa. Abu Huroiroh ra. menga≠takan, Muhammad Rosulullah sazv. bersabda, "Barang siapa berpuasa bulan Romadhon dengan beriman dan mengharap ridho Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya pada masa lalu". (HR. Bukhori Muslim)
Agar puasa kita diterima oleh Allah SWT, maka kita harus memenuhi syarat rukunnya serta meninggalkan hal-hal yang dapat membatalkan puasa atau yang menghilangkan pahalanya.



#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Kajian Islam Lainnya
Aksi Mojang Jajaka Pangandaran Pada Hari Raya
Aksi Mojang Jajaka Pangandaran Pada Hari Raya
Kamis, 23 Juli 2015 17:09 WIB
Paguyuban mojang jajaka Kabupaten Pangandaran kembali beraksi, kali ini dalam rangka menyambut liburan hari Raya Idul Fitri 2015 mojang jajaka membantu dalam sambut sapa pengujung atau wisatawan di setiap objek wista unggulan di Pangandaran.
Rapat Koordinasi Sinegritas Pembangunan Kabupaten Kota Jabar-Jateng
Rapat Koordinasi Sinegritas Pembangunan Kabupaten Kota Jabar-Jateng
Kamis, 26 Februari 2015 08:08 WIB
Rabu (25/02) telah di adakan rapat koordinasi sinegritas pembangunanbidang pemerintahan antara Kabupaten/Kota daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Rapat koordinasi tersebut membahas beberapa issu permasalahan khususnya yang terjadi di daerah perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Rapat koordinasi di laksanakan di Aula gedung Tourism Information Center (TIC) Kabupaten Pangandaran, dengan di hadiri oleh Bupati Pangandaran, serta sebagai fasilitator dari Kepala BKPP Wilayah IV Provinsi Jawa Barat, dan di hadirkan Narasumber dari daerah Cilacap, Ciamis, dan Banjar. Dibahas mengenai masalah dan solusi serta kerjasama yang dapat di lakukan menyangkut berbagai issue yang berkembang seperti penanganan pemerintah daerah di wilayah perbatasan seperti, pemantauan batas wilayah, penanganan gepeng, pengemis, dan tuna wisama, penyakit masyarakat, serta di bahas juga mengenai issue ISIS, dan kerjasama di bidang promosi, pengamanan dan monitoring, sampai wacana operasi bersama antar daerah perbat
Mereka yang Boleh Tidak Berpuasa Pada Bulan Ramadhan
Mereka yang Boleh Tidak Berpuasa Pada Bulan Ramadhan
Selasa, 24 Juli 2012 21:33 WIB
Meskipun puasa Romadhon itu wajib, namun ada beberapa orang muslim yang berhalangan melaksanakannya. Mereka inilah yang mendapat keringanan boleh tidak berpuasa. Mereka ialah