myPangandaran News | Berita Pangandaran Terkini

Potensi Pariwisata Desa Babakan Pangandaran

pada Selasa, 11 Januari 2011 09:20 WIB

Babakan adalah desa di kecamatan Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia. Babakan Merupakan desa gerbang masuk ke Kota Pangandaran dimana Babakan juga seperti beberapa desa lain di Pangandaran, memiliki pantai. Pantai yang berada di Babakan adalah Pantai Timur Pangandaran dan Pantai Bulaksetra atau oleh warga sekitarlebih dikenal dengan Basisir Cileutik yang disana juga terdapat muara Cileutik.

Saat ini,di desa Babakan, tepatnya basisir Cileutik telah dibangun sebuah dermaga yang rencananya akan digunakan sebagai terminal dari laulintas kendaraan laut (kapal pesiar ataupun kapal nelayan) meskipun belum selesai, namun bangunan dan jalan menuju pelabuhan sudah selesai dibeton.

Penduduk dari Desa Babakan ini kebanyakan bermata pencaharian sebagai nelayan, selain itu petani juga mendominasi mata pencaharian dari penduduknya menyusul pekerjaan lainnya seperti PNS, pedagang dan lainnya.

Dalam sektor pendidikan, terdapat Sekolah Menengah Umum Negeri 1 (SMAN 1) Pangandaran yang berlokasi di kampung Kamurang. SMP dan SMA PGRI juga berlokasi di daerah yang sama. Untuk tingkat SD dan TK, dimulai dari SD Babakan I sampai dengan SD Babakan V dan juga terdapat 2 TK yang berada di daerah ini.

Potensi Kawasan
Sebagai daerah Penyangga Wisata Pangandaran, Desa Babakan memiliki beberapa tempat yang bisa dijadikan rekreasi bagi wisatawan diantaranya:


#