Inspirasi dan Opini
Festival Seni Ketangkasan Domba (Adu Domba), Promosi Wisata Pantai Pangandaran

Festival Seni Ketangkasan Domba (Adu Domba), Promosi Wisata Pantai Pangandaran

Adu domba adalah salah salah satu kesenian taradisional bagi sebagian masyarakat Jawa Barat, Eksistensinya dipertahankan hingga sekarang karena kesenian ini merupakan peninggalan nenek moyang orang sunda yang harus kita lestarikan bersama.Adapun cara yang dilakukan oleh kebanyakan warga Jawa Barat yaitu dengan mengadakan Festival Seni Ketangkasan Domba.

Di Pangandaran Festival Seni Ketangkasan Domba di selenggarakan setiap tahunya berbarengan dengan Festival Layang-layang yaitu pada bulan Juli, para pesertanya datang dari beberapa Kabupaten se-Jawa Barat, selain ajang pamer ketangkasan hewan ternaknya, para pemilik domba-domba aduan ini juga pada akhirnya bisa menaikan gengsi dan nilai jual dombanya.

Untuk lebih menarik perhatian warga Seni Ketangkasan Domba diringi musik tradisional Pencak  Silat, yang terus mengalun mengiringi atraksi ketangkasan domba, tidak lupa para pelatih dan pemilik domba ikut menari memberi dukungan kepada dombanya.

Seni Ketangkasan Domba dilengkapi oleh juri penilai dan wasit, biasanya setiap pertandingan dibagi ke dalam dua ronde, dan masing-masing ronde terdiri dari sepuluh kali tumbukan kepala. Adu ketangkasan ini juga dibagi ke dalam kelas-kelas yang berbeda berdasarkan bobot domba petarung.

Ada pun beberapa syarat yang harus dimiliki para pemilik domba, agar dombanya masuk dalam kriteria layak tarung, yaitu harus memiliki tanduk, masuk kedalam bobot yang ditentukan, dan tentu hanya domba sehat yang diperbolehkan mengikuti adu ketangkasan.

Selain untuk melestarikan kebudayaan nenek moyang Festival Seni Ketangkasan Domba yang di selenggarakan di pangandaran juga ikut andil dalam promosi wisata Pantai Pangandaran, itu terlihat dari animo warga dari luar pangandaran yang sengaja datang untuk melihat Festival Seni Ketangkasan Domba.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Inspirasi dan Opini Lainnya
Asyiknya Long Weekend di Pantai Pangandaran, Jawa Barat
Asyiknya Long Weekend di Pantai Pangandaran, Jawa Barat
Kamis, 05 April 2012 15:27 WIB
Pantai Pangandaran di Jawa Barat bisa menjadi destinasi Anda untuk melepas kepenatan saat libur panjang kali ini. Anda dapat bersantai di pantai yang bersih, atau bertualang ke cagar alam dan olahraga air. Dijamin asyik!
Menyusuri Sungai dan Mancing di Pangandaran
Menyusuri Sungai dan Mancing di Pangandaran
Rabu, 29 Agustus 2012 07:02 WIB
Pangandaran, adalah pilihan utama untuk menghabiskan libur lebaran di tahun 2012 ini.Selain berjumpa dengan sanak keluarga tentunya banyak tempat-tempat rekreasi yang bisa dikunjungi baik Cagar Alam, Pantai dan tempat-tempat yang mungkin tak banyak orang menyukai kegiatan ini yaitu, menyusuri Kali atau anak Sungai yang mengalir ke muara Pantai.
Unsur Masyarakat Dilibatkan Dalam Penyusunan Peraturan Daerah
Unsur Masyarakat Dilibatkan Dalam Penyusunan Peraturan Daerah
Kamis, 02 Juli 2015 05:52 WIB
Pangandaran sebagai Kabupaten yang baru terbentuk setelah sekian lama menginduk kepada Kabupaten Ciamis tentunya memerlukan kebijakan-kebijakan dan penerapan aturan-aturan guna terselenggaranya pemerintahan yang baik dan tertib, salah satunya adalah peraturan-peraturan daerah yang akan dijadikan acuan dan rujukan ketika terjadi ketidak beresan dalam penyelenggaran sebuah tatanan negara khususnya di tingkat kabupaten, kebijakan yang lebih membumi dan sesuai dengan kultur masyarakat di suatu daerah mutlak di perlukan.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini