Aneka
7 Goa Alam Yang Menakjubkan di Cagar Alam Pangandaran

7 Goa Alam Yang Menakjubkan di Cagar Alam Pangandaran
Jika anda merencanakan berlibur di akhir pekan dan kebetulan sedang menuju Pantai Pangandaran, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk mengunjungi Taman Wisata dan Cagar Alam sekedar menikmati keindahan setalaktik dan

Jika anda merencanakan berlibur di akhir pekan dan kebetulan sedang menuju Pantai Pangandaran, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk mengunjungi Taman Wisata dan Cagar Alam sekedar menikmati keindahan setalaktik dan setalagmit goa-goa yang terbentuk secara alami.

Dalam sejarah peradaban manusia gua juga sering dianggap memiliki nilai mistis atau sejarah tertentu sehingga keberadaanya sering dikeramatkan, maka biasanya sebagai tambahan para pemandu goa membuat guyonan terkait hal unik yang berada di dalam goa sehingga pengunjung tidak lagi merasa takut untuk mengunjungi goa-goa yanga da di Taman Wisata.

Berikut goa-goa alam yang menakjubkan di Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran yang sering dikunjungi oleh wisatawan :

1. Goa Parat (goa Keramat)

Goa ini cukup panjang sekitar 200 meter dan tembus kepantai, dikatakan goa parat karena dalam bahasa sunda parat itu artinya tembus, konon ceritanya goa ini merupakan patilasan penyebar agama Islam di masa kerajaan pananjung ( Galuh pangauban ) yang bernama Syeh Ahmad ( Pangeran kasepuhan ) dan Syeh Muhamad ( Pangeran Kanoman )
Keunikan keunikannya yaitu :
Batu Stalagtit yang mirip seperti kelamin laki - laki dan perempuan, Batu Stalagtit yang mirip seperti paha ayam, Batu Stalagmit yang mirip seperti hewan unta, Batu cikaracak, hewan landak dan kelalawar.

2.Goa Miring (Goa Cemped)

Goa miring merupakan goa tembusan, sering disebut miring karena untuk menembus goa ini penugunjung harus memiringkan badan, keunikan di dalam goa ini terdapat yaitu sebuah batu yang menyerupai seperti pocong, kuntilanak, batu angel atau batu bidari serta batu tulang tengkorak.

3. Goa Sumur Mudal

Goa ini dikatakan goa sumur mudal karna dahulu didalam goa ini terdapat sebuah mata air yang membentuk sebuah sumur dan airnya mudal (mendidih) makanya sampai sekang dikatakan goa sumur mudal.

4. Goa Lanang
                              
Goa ini merupakan merupakan patilasan kerajaan Pananjung ( Galuh Pangauban ) yang dahulu digunakan sebagai keraton sementara kaerajaan, dikatakan goa lanang karena di dalam goa ini terdapat batu yang membentuk seorang anak laki - laki yang habis di sunat,keunikan lainya di diding goa terdapat batu gamelan yang bila ditabuh menggunakan tangan bisa mengeluarkan nada.

5. Goa Panggung

Goa ini disebut goa panggung karna kondisinya menyerupai seperti panggung, didalam goa ini terdapat simbol makam Mbah jaga lautan ( Kyai pancing benar ) keponakan dari Ibu Ratu pantai selatan ( Dewi nyi loro kidul ).

6. Goa Cirengganis

Merupakan goa yang mengeluarkan sumber mata air yang konon tidak pernah kering meski di musim kemarau panjang,mitos lainnya yaitu bahwa sumber mata air cirengganis dapat membuat awet muda.

7. Goa Karang Bolong

Goa karang (Batu Bolong) dimana pada batu karang yang megah berdiri kokoh di tengah laut itu terdapt batu (karang) yang bolong, bahkan jika Anda sedang beruntung atau air laut dalam keadaan surut Anda bisa melaluinya dengan perahu yang Anda tumpangi sehingga menambah kenikmatan dalam berwisata air khususnya di pantai Pangandaran.




#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Aneka Lainnya
Menunggu Berdirinya RSUD Pangandaran
Menunggu Berdirinya RSUD Pangandaran
Jum'at, 24 April 2015 07:32 WIB
Pemerintah daerah Pangandaran telah menyiapkan lahan setidaknya seluas 5 hektar untuk pendirian RSUD Pangandaran, lahan tersebut terletak di lahan Eks Star Trust tepatnya di desa Wonoharjo, sesuai penyampaian dari Kepala Dina
Serunya Water Tubing di Green Canyon
Serunya Water Tubing di Green Canyon
Senin, 16 Juli 2012 12:39 WIB
Sudah pernah mencoba bodyrafting bersamaan dengan watertubing ? hemm..sensasi baru neh..Water Tubing di Green Canyon yaitu aktifitas arung jeram tanpa perahu atau dengan menggunakan fasilitas ban dalam untuk mengarungi aliran
Museum Nyamuk Pertama Di Indonesia Ada Di Pangandaran
Museum Nyamuk Pertama Di Indonesia Ada Di Pangandaran
Senin, 27 Desember 2010 09:34 WIB
Siapa sangka hewan kecil yang sering kita temui ini memiliki daya tarik yang luar biasa bagi jutaan umat manusia di dunia. Nyamuk, hewan yang masuk kategori serangga ini ternyata berdampak luas bagi kehidupan manusia baik
Situs Batu Kalde Atau Sapi Gumarang
Situs Batu Kalde Atau Sapi Gumarang
Kamis, 04 November 2010 08:33 WIB
Ditempat ini menurut cerita tinggal seorang sakti yang dapat menjelma menjadi seekor sapi yang gagah berani dan sakti.Sapi Gumarang adalah nakhoda kapal, pada suatu hari Sapi Gumarang ini diutus untuk membeli padi kedaerah