Antisipasi Banjir, Warga Babakan Lakukan Normalisasi Sungai Cikidang


Antisipasi Banjir, Warga Babakan Lakukan Normalisasi Sungai Cikidang

Pangandaran, myPangandaranNews - Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat bersama masyarakat desa Babakan dan di hadiri oleh dandim dan anggota koramil Pangandaran melakukan normalisasi sungai Cikidang guna mengantisipasi banjir mengingat hujan mulai turun intensif di Pangandaran.

Gabungan dari FKDM, masyarakat dari 5 dusun di desa Babakan, dengan diawasi aparatur desa, dengan semangat gotong royong membuka dan menebang pohon nipah yang sebagian besar menutup aliran sungai Cikidang, yang penyempitan sungai tersebut membuat kurang lancarnya aliran air sungai yang mengarah ke muara Cikidang yang mengakibatakan banjir di hulu sungai.

Salah satu forum yang terlibat adalah Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yaitu forum yang membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, melalui upaya “deteksi dini” terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana, forum ini lah yang menginisiasi pergerakan normalisasi sungai tersebut.

Dusun yang terkena dampak genangan air yaitu daerah Bojong Tempel yang terletak di dusun Bojongsari, harapanya dengan upaya normalisasi sungai dapat mengurangi genangan sebelum program normalisasi sungai yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang terlaksana.

Selain normalisasi sungai guna mengurangi genangan banjir, upaya tersebut juga untuk membuka jalur wisata di desa Babakan terkait dengan jelajah desa yang di canangkan oleh komunitas dan para penggerak wisata di desa Babakan, yang rencananya akan dibuka jalur wisata air Cikidang menuju ke Pelabuhan dengan view kampung nelayan di sepanjang bantaran sungai serta kunjungan wisata ke kampung KB Nelayan serta berdonasi untuk kelestarian konservasi mangrove di Bulaksetra.







Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini