Proyek Jalan Pangandaran-Sukabumi Rp 1 Triliun Terkendala Pembebasan Lahan


Proyek Jalan Pangandaran-Sukabumi Rp 1 Triliun Terkendala Pembebasan Lahan

Pangandaran, myPangandaran.com - Pemerintah pusat terus berupaya untuk bisa menyelesaikan pembangunan jalan lintas Pantai Selatan Jawa Barat (Jabar) Selatan yang saat ini masih terkendala pembebasan lahan. Pembangunan jalan yang menghubungkan Pangandaran hingga perbatasan Sukabumi Jawa Barat itu menelan dana hingga Rp 1 triliun.

Seperti dikutip myPangandaran dari DetikFinance, Kepala Balai Jalan Nasional IV Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Bambang Hartadi mengatakan, saat ini pembangunan jalan tersebut masih terkendala pembebasan lahan.

"Kendala pembebasan lahan, ini selalu menjadi kendala karena kan berkaitan dengan Pemprov Jabar. Sampai saat ini belum ada pembicaraan soal itu," kata Bambang saat dihubungi  di Jakarta, Minggu (24/2/13).

Ia mengatakan saat ini pembangunan jalan lintas selatan Jabar masih dalam proses tender, rencananya awal Maret 2013 pemenang tender akan diumumkan. Jika kontrak sudah diteken, pembangunan jalan Jabar Selatan akan mulai dilakukan, sehingga tahun ini pembangunan akan selesai.

"Saat ini sedang proses tender, yang mengikuti lelang semua kontraktor yang kompeten di bidangnya, saya lupa berapa yang ikut, ada beberapa paket. Begitu teken kontrak, pembangunan langsung dimulai," kata Bambang.

Selama ini jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa lebih dikenal masyarakat daripada jalan pantai selatan khususnya di Jawa Barat (Jabar). Kondisi jalan di jalur ini relatif buruk, sehingga akan diperbaiki secara bertahap oleh pemerintah pusat. Kondisi jalan di kawasan selatan Jawa Barat paling parah dibandingkan di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.



#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Peringatan 10 Tahun Tsunami Terjang pangandaran Berjalan Sederhana dan Khidmat

Peringatan 10 Tahun Tsunami Terjang pangandaran Berjalan Sederhana dan Khidmat


Senin, 18 Juli 2016 12:05 WIB
Bencana tsunami yang menerjang sepuluh tahun yang lalu semalam (17/07) diperingati di Lapangan parkir Boulevard Pangandaran, ratusan anggota badan penyelamat, warga dan wisatawan bahkan peneliti memadati acara tersebut, pada kesempatan tersebut hadir juga wakil bupati Pangandaran Adang Hadari yang memberikan renungan sekaligus memimpin mengheningkan cipta dan memberikan santunan kepada korban tsunami.
Peringati Satu Dekade Tsunami, Kompepar Akan Gelar Doa Bersama

Peringati Satu Dekade Tsunami, Kompepar Akan Gelar Doa Bersama


Sabtu, 16 Juli 2016 12:38 WIB
Tak terasa sudah sepuluh tahun berlalu dari kejadian pilu waktu itu di tahun 2006, di mana pada tanggal 17 Juli tepat pukul 16.10 Wib Pangandaran di guncang gempa dan di susul dengan bencana tsunami yang memporak-porandakan jalur pesisir pantai Pangandaran. Lebih dari 500 jiwa melayang dan kerugian mencapai milyaran.
Ngabuburit Warga Pangandaran Dihibur Band Ternama

Ngabuburit Warga Pangandaran Dihibur Band Ternama


Senin, 13 Juni 2016 12:31 WIB
Aktifitas menunggu waktu berbuka puasa di Pangandaran terkenal dengan istilah "ngabuburit", banyak hal yang dilakukan selain berkumpul bersama komunitas atau teman di sebuah tempat titik kumpul atau meeting point, atau hanya sekedar melihat arena hiburan yang akhir-akhir ini bermunculan di Pangandaran seperti aktifitas anak-anak skater dan bmx dan inline skate di skaterpark, ajak selfie dengan binatang reptil, sewa motor listrik untuk anak-anak, pasar malam, atau yang lainya.
Akibat Cuaca Buruk Posisi MV Viking Bergeser

Akibat Cuaca Buruk Posisi MV Viking Bergeser


Jum'at, 10 Juni 2016 10:26 WIB
Cuaca buruk yang melanda jalur pantai selatan Jawa akhir-akhir ini dan juga melanda jalur selatan pesisir pantai Pangandaran selain mengakibatkan sejumlah titik mengalami kerusakan, tak luput dari terjangan ombak besar juga kapal MV Viking yang di tengarai akan di jadikan momentum kejayaan pemberatasan ilegal fishing yang di posisikan di pantai Pasir putih pantai barat Pangandaran.