Proyek Jalan Pangandaran-Sukabumi Rp 1 Triliun Terkendala Pembebasan Lahan


Proyek Jalan Pangandaran-Sukabumi Rp 1 Triliun Terkendala Pembebasan Lahan

Pangandaran, myPangandaran.com - Pemerintah pusat terus berupaya untuk bisa menyelesaikan pembangunan jalan lintas Pantai Selatan Jawa Barat (Jabar) Selatan yang saat ini masih terkendala pembebasan lahan. Pembangunan jalan yang menghubungkan Pangandaran hingga perbatasan Sukabumi Jawa Barat itu menelan dana hingga Rp 1 triliun.

Seperti dikutip myPangandaran dari DetikFinance, Kepala Balai Jalan Nasional IV Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Bambang Hartadi mengatakan, saat ini pembangunan jalan tersebut masih terkendala pembebasan lahan.

"Kendala pembebasan lahan, ini selalu menjadi kendala karena kan berkaitan dengan Pemprov Jabar. Sampai saat ini belum ada pembicaraan soal itu," kata Bambang saat dihubungi  di Jakarta, Minggu (24/2/13).

Ia mengatakan saat ini pembangunan jalan lintas selatan Jabar masih dalam proses tender, rencananya awal Maret 2013 pemenang tender akan diumumkan. Jika kontrak sudah diteken, pembangunan jalan Jabar Selatan akan mulai dilakukan, sehingga tahun ini pembangunan akan selesai.

"Saat ini sedang proses tender, yang mengikuti lelang semua kontraktor yang kompeten di bidangnya, saya lupa berapa yang ikut, ada beberapa paket. Begitu teken kontrak, pembangunan langsung dimulai," kata Bambang.

Selama ini jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa lebih dikenal masyarakat daripada jalan pantai selatan khususnya di Jawa Barat (Jabar). Kondisi jalan di jalur ini relatif buruk, sehingga akan diperbaiki secara bertahap oleh pemerintah pusat. Kondisi jalan di kawasan selatan Jawa Barat paling parah dibandingkan di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.



#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
Seekor Hiu Tutul Kembali terdampar di Pantai Pangandaran

Seekor Hiu Tutul Kembali terdampar di Pantai Pangandaran


Rabu, 30 November 2016 10:00 WIB
Setelah sebelumnya pada tanggal 11 november seekeor hiu tutul terdampar di pos 2 pantai barat pangandaran dan berhasil di selamatkan dengan bantuan warga dan balawista. Kali ini seekor hiu tutul kembali terdampar di pantai tagok Dusun Bojongkarekes RT 04 RW 15 Desa Babakan pada pagi ini (30/11) dengan kondisi sudah tidak bernyawa. di duga karena terlalu lama di perairan dangkal sehingga hiu tutul tersebut mati. lokasi penemuan tak jauh dari jembatan Putrapinggan yang amblas. ​
Jembatan Resmi Dibuka Hari Ini, Jalur Ke Pangandaran Lancar

Jembatan Resmi Dibuka Hari Ini, Jalur Ke Pangandaran Lancar


Rabu, 23 November 2016 10:37 WIB
Jembatan sementara dari dan menuju Pangandaran resmi dibuka hari ini (23/11), acara pembukaan diawali dengan doa bersama yang melibatkan para tokoh masyarakat, ulama, aparat TNI dan Polri dan MUI kabupaten Pangandaran.
Minggu Depan Jembatan Bailey Putrapinggan Pangandaran Bisa Dilewati

Minggu Depan Jembatan Bailey Putrapinggan Pangandaran Bisa Dilewati


Minggu, 20 November 2016 13:14 WIB
Setelah dibantu TNI, Sejumlah Ormas dan Warga akhirnya jembatan bailey yang merupakan jembatan sementara untuk solusi transportasi ke dan dari Pangandaran rampung, jembatan sementara yang awalnya dibangun disebelah utara jembatan yang ambles dialihkan tepat diatas jembatan lama. Hal ini untuk mempermudah kontrusi tiang utama.
Pembangunan Jembatan Putrapinggan Pangandaran Molor, Zipur Turun Tangan

Pembangunan Jembatan Putrapinggan Pangandaran Molor, Zipur Turun Tangan


Selasa, 15 November 2016 10:59 WIB
Jembatan Putrapinggan sebagai penghubung jalur utama masuk Pangandaran yang amblas karena banjir bandang pada 9 Oktober yang lalu, hinga kini masih terus di lakukan perbaikan, pasalnya pengerjaan jembatan bailey sementara yang ditargetkan rampung dalam waktu 3 minggu kini molor akibat pondasi yang di bangun kembali runtuh tergerus air sehingga pembangunan kini di bantu oleh Zipur.