Proyek Jalan Pangandaran-Sukabumi Rp 1 Triliun Terkendala Pembebasan Lahan


Proyek Jalan Pangandaran-Sukabumi Rp 1 Triliun Terkendala Pembebasan Lahan

Pangandaran, myPangandaran.com - Pemerintah pusat terus berupaya untuk bisa menyelesaikan pembangunan jalan lintas Pantai Selatan Jawa Barat (Jabar) Selatan yang saat ini masih terkendala pembebasan lahan. Pembangunan jalan yang menghubungkan Pangandaran hingga perbatasan Sukabumi Jawa Barat itu menelan dana hingga Rp 1 triliun.

Seperti dikutip myPangandaran dari DetikFinance, Kepala Balai Jalan Nasional IV Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Bambang Hartadi mengatakan, saat ini pembangunan jalan tersebut masih terkendala pembebasan lahan.

"Kendala pembebasan lahan, ini selalu menjadi kendala karena kan berkaitan dengan Pemprov Jabar. Sampai saat ini belum ada pembicaraan soal itu," kata Bambang saat dihubungi  di Jakarta, Minggu (24/2/13).

Ia mengatakan saat ini pembangunan jalan lintas selatan Jabar masih dalam proses tender, rencananya awal Maret 2013 pemenang tender akan diumumkan. Jika kontrak sudah diteken, pembangunan jalan Jabar Selatan akan mulai dilakukan, sehingga tahun ini pembangunan akan selesai.

"Saat ini sedang proses tender, yang mengikuti lelang semua kontraktor yang kompeten di bidangnya, saya lupa berapa yang ikut, ada beberapa paket. Begitu teken kontrak, pembangunan langsung dimulai," kata Bambang.

Selama ini jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa lebih dikenal masyarakat daripada jalan pantai selatan khususnya di Jawa Barat (Jabar). Kondisi jalan di jalur ini relatif buruk, sehingga akan diperbaiki secara bertahap oleh pemerintah pusat. Kondisi jalan di kawasan selatan Jawa Barat paling parah dibandingkan di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.



#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Peristiwa Lainnya
HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat

HKBN Digelar Di Pangandaran Dengan Sigap Dan Hidmat


Kamis, 27 April 2017 12:21 WIB
Mengacu terhadap Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disahkan pada tanggal 26 April 2007. Undang-Undang tersebut adalah perangkat hukum pertama yang merubah paradigma penanggulangan bencana dari perspektif responsif ke preventif (pengelolaan risiko bencana), dan dengan inisiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan mengajak semua pihak meluangkan satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak pada tanggal 26 April setiap tahun nya.
Bupati Lantik Sembilan Kades Terpilih Se-Kabupaten Pangandaran

Bupati Lantik Sembilan Kades Terpilih Se-Kabupaten Pangandaran


Rabu, 26 April 2017 09:38 WIB
Bertempat di aula setda kabupaten Pangandaran pada hari ini (25/04) Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata melantik sebanyak sembilan kepala desa terpilih hasil dari pemilihan kepala desa serentak di tujuh kecamatan di Kabupaten Pangandaran yang akan mengemban tugas pada periode 2017-2023 ke depan.
Akan Dijadikan RTH Pedagang Pasar Pananjung Di Relokasi

Akan Dijadikan RTH Pedagang Pasar Pananjung Di Relokasi


Selasa, 07 Maret 2017 16:12 WIB
Penataan lahan untuk ruang terbuka hijau terus di lakukan pemerintah Kabupaten Pangandaran, seiring dengan rencana penataan pedagang kaki lima pantai barat dan timur Pangandaran, pedagang pasar Pananjung yang menempati lahan di sebelah selatan telah terlebih dahulu di relokasi ke tempat yang baru yaitu ke Jalan Baru Dusun Karangsalam, Desa Pananjung, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, atau di belakang Kantor Disdukcapilsosnakertrans Kabupaten Pangandaran.
Libur Tahun Baru, Sejumlah Jalan di Pangandaran Macet Parah

Libur Tahun Baru, Sejumlah Jalan di Pangandaran Macet Parah


Minggu, 01 Januari 2017 16:14 WIB
Sejumlah ruas jalan di Pangandaran macet parah pada libur tahun baru hari ini (01/01), kemacetan itu diakibatkan karena volume kendaraan yang meningkat diawal tahun 2017 ini dan juga ruas jalan yang sempit dibeberapa bagian. Selain itu efek belum dibangunnya jembatan sementara juga menambah kemacetan di Pangandaran.