Wisata dan Kuliner
Jus Honje Kuliner Minuman Khas Kabupaten Pangandaran

Jus Honje Kuliner Minuman Khas Kabupaten Pangandaran

Selain dikenal tempatnya pindang gunung buhun (semacam sup ikan), di kabupaten ini juga mulai dikenal dengan olahan berbahan dasar kecombrang (etlingera hemisphaerica) atau masyarakat Sunda menyebutnya honje.

Lazimnya, bunga honje dijadikan bahan campuran atau bumbu penyedap aneka masakan di Nusantara. Kuntum bunga ini sering dijadikan lalap atau direbus lalu dimakan bersama sambal. Demikian pula buahnya dan bagian dalam dari pucuk (tunas) yang muda, biasa digunakan dalam masakan atau campuran sambal.

Di kabupaten Pangandaran, honje justru diolah menjadi minuman dalam bentuk jus honje. Lokasi yang menjadi sentra pengolahannya berada Kecamatan Mangunjaya, sebagai daerah penggagas awal dari jus ini. Saat ini pengolahannya tidak hanya di Kecamatan Mangunjaya saja, melainkan sudah menyebar ke daerah lain, seperti di Dusun Bojongmalang, Desa Karangbenda, Kecamatan Parigi. Pengolahan honje dilakukan Kelompok Tani Perempuan Naratas.

Honje yang digunakan untuk membuat jus adalah jenis honjelaka dan honje biasa dikarenakan kalau menggunakan honje biasa hasilnya kurang bagus  kalau honje biasa hasil warnanya merah jambu seperti warna air keruh. Tapi kalau honje laka lebih merah warnanya. Membuat jus honje sangat mudah, yakni honje terlebih dahulu dicuci dan dibersihkan dari bulu-bulu halusnya, Setelah itu ditumbuk atau diblender untuk kemudian direbus dan diberi gula agar terasa manis.

Satu tangkai ukuran 1/2 kag bisa menjadi 10 gelas besar. Adapun khasiat dari jus honje di antaranya dapat memulihkan stamina, menghilangkan masuk angin dan menurunkan kolesterol juga darah tinggi. Saat ini jus honje menjadi salah satu minuman yang banyak digemari. Dengan demikian dia berharap ada peran aktif dari pemerintah khususnya Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Pangandaran untuk memberikan pelatihan guna pengembangan, pemasaran, serta pengemasan. Dalam pembuatannya jus honje tidak menggunakan bahan pengawet, dan bila jus honje disimpan di dalam kulkas akan bertahan selama satu bulan.

Sumber : koransindo



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata dan Kuliner Lainnya
Kecantikan Green Canyon di Pangandaran
Kecantikan Green Canyon di Pangandaran
Selasa, 28 Juni 2011 15:49 WIB
PANGANDARAN tidak hanya menawarkan banyak objek wisata seperti Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, dan Pantai Batu Karas. Di sini juga terdapat pula sebuah objek wisata bernama Green Canyon.
Merintis Geng Motor Syariah
Merintis Geng Motor Syariah
Selasa, 25 Mei 2010 06:16 WIB
Pemberitaan yang sangat santer saat ini selain kasus selebritis atau artis negeri ini yang terlibat narkoba adalah pemberitaan tentang geng motor khususnya di Bandung, bagaimana tidak kehadiran geng motor sangat dikhawatirkan oleh masyarakat, saya sendiri sangat takut jikalau suatu saat pulang terlalu malam semisal dari kampus
Tugu Welcome to Pangandaran, Kenapa Jadi Warna Emas?
Tugu Welcome to Pangandaran, Kenapa Jadi Warna Emas?
Jum'at, 02 Desember 2011 17:26 WIB
Kuciwa, begitu kata terlontar dari big bosku dulu untuk mengomentari sebuah hasil design terburuk yang pernah dilihat. Tiada lain alias tiada bukan, Kuciwa adalah kata plesetan dari kata KEKECEWAAN yang teramat sangat.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini