Wisata dan Kuliner
Pangandaran Surga di Selatan Pulau Jawa

Pangandaran Surga di Selatan Pulau Jawa

AWAL 2012, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merilis 15 tujuan wisata yang akan menjadi kuda hitam di tahun ini. Sekarang kita akan mengulas masing-masing destinasi untuk menjadi panduan Anda bila ingin mengunjungi ke-15 tempat indah tersebut.

Salah satu destinasi yang disasar adalah Pangandaran. Pangandaran adalah sebuah kota kecil di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Pangandaran terletak di garis pantai selatan Pulau Jawa. Keunggulan utama Pangandaran adalah pantainya yang indah, sebut saja Pantai Pasir Putih Pangandaran, Pantai Batu Hiu, dan Batu Karas.

"Pantai Pasir Putih cocok untuk wisata keluarga dan anak-anak, tapi untuk anak muda dan remaja, lebih pas kalau ke Batu Karas," tutur Dini (25), wisatawan yang sempat berkunjung ke Pangandaran , Kamis (12/1/2011).

Menurut Dini, Batu Karas adalah pantai di Pangandaran yang masih sepi wisatawan. "Batu Karas belum banyak didatangi wisatawan, mungkin karena lokasinya yang cukup jauh dari Pantai Pasir Putih Pangandaran," tambahnya.

Jarak dari Pangandaran ke Batu Karas mencapai 1 jam perjalanan menggunakan alat transportasi ojek. Meskipun jauh, pemandangan indah Pantai Batu Karas membuat lelah segala hilang. Pantainya landai, dengan air laut biru yang tenang dan cukup sepi dari wisatawan. Di sekitar pantai terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman ringan. Di sekitar Batu Karas juga terdapat banyak pondok penginapan dengan harga yang terjangkau.

"Kalau mau lebih sepi lagi, tinggal jalan sedikit menuju Pantai Batu Hiu, di situ benar-benar nyaris tidak ada orang," ujarnya. "Dari Batu Karas menuju Pantai Batu Hiu harus trekking lagi kira-kira selama 20 menit," lanjutnya.

Jalur trekking menuju Pantai Batu Hiu cukup menantang karena meliputi jalur menaiki bukit dan menuruni lembah. Pantai ini dinamakan Batu Hiu karena ada batu yang terlihat di laut pantai ini menyerupai sirip ikan hiu. Untuk dapat melihatnya, Anda bisa naik bukit kecil sambil merasakan hembusan angin laut dan menikmati pemandangan samudra yang luas.

Selain wisata pantai, ada juga atraksi tak kalah menarik di Pangandaran, yaitu Green Canyon. "Untuk menuju Green Canyon, kita harus naik perahu dari muara Sungai Cijulang, dilanjutkan body rafting menuju dermaga obyek wisata Green Canyon tersebut," tuturnya. "Nanti saat sampai di Green Canyon, ada batu setinggi 7 meter bernama batu payung, di mana kita dapat meloncat dari atasnya menuju Sungai Cijulang," tambahnya.

Wisata Green Canyon cocok untuk wisatawan yang suka aktivitas pemacu adrenalin. Namun sebaiknya, mengunjungi Green Canyon tidak pada musim hujan karena debit air Sungai Cijulang akan tinggi dan airnya cenderung menjadi kecoklatan.

Begitu banyak wisata menarik di Pangandaran. Namun sayang, hal ini tidak didukung dengan transportasi yang memadai menuju kawasan wisata ini. "Pantai-pantai di Pangandaran memang indah, namun saya masih akan pikir-pikir dahulu untuk mengunjungi tempat wisata ini lagi karena perjalanan yang ditempuh cukup melelahkan," sahut Putry (22), salah seorang wisatawan Pangandaran lainnya.

"Dari terminal Kampung Rambutan, saya harus ganti bis lagi di Sukabumi atau Banjar menuju Pangandaran. Perjalanannya sekira 9-12 jam," keluhnya.

Ia menyarankan, transportasi menuju Pangandaran sebaiknya diperbanyak, juga dibuka jalur-jalur jalan yang baru agar waktu perjalanan yang ditempuh tidak terlalu melelahkan.

"Namun memang, keindahan pasir putih di pantai-pantai Pangandaran serta akomodasinya yang murah menjadi nilai tambah, disamping kekurangan transportasinya tersebut," tambah Putry.

Ia menukaskan, di sekitar Pangandaran terdapat banyak penginapan dengan harga murah dan fasilitas yang lengkap. "Dengan harga Rp100 ribu per malam saja sudah dapat kamar yang nyaman," jelasnya.

Selain Pangandaran, 14 destinasi yang menjadi unggulan di 2012 antara lain Sabang, Toba, Kota Tua-Jakarta, Tanjung Puting, Bromo-Tengger-Semeru, Batur-Bali, Rinjani, Toraja, Derawan, Raja Ampat, Bunaken, Komodo-Kelimutu-Flores, Wakatobi, dan Borobudur.

Sumber OkeZone



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Wisata dan Kuliner Lainnya
Rapat Koordinasi Sinegritas Pembangunan Kabupaten Kota Jabar-Jateng
Rapat Koordinasi Sinegritas Pembangunan Kabupaten Kota Jabar-Jateng
Kamis, 26 Februari 2015 08:08 WIB
Rabu (25/02) telah di adakan rapat koordinasi sinegritas pembangunanbidang pemerintahan antara Kabupaten/Kota daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Rapat koordinasi tersebut membahas beberapa issu permasalahan khususnya yang terjadi di daerah perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Rapat koordinasi di laksanakan di Aula gedung Tourism Information Center (TIC) Kabupaten Pangandaran, dengan di hadiri oleh Bupati Pangandaran, serta sebagai fasilitator dari Kepala BKPP Wilayah IV Provinsi Jawa Barat, dan di hadirkan Narasumber dari daerah Cilacap, Ciamis, dan Banjar. Dibahas mengenai masalah dan solusi serta kerjasama yang dapat di lakukan menyangkut berbagai issue yang berkembang seperti penanganan pemerintah daerah di wilayah perbatasan seperti, pemantauan batas wilayah, penanganan gepeng, pengemis, dan tuna wisama, penyakit masyarakat, serta di bahas juga mengenai issue ISIS, dan kerjasama di bidang promosi, pengamanan dan monitoring, sampai wacana operasi bersama antar daerah perbat
Menemukan IPad,IPhone dan IPod yang Hilang
Menemukan IPad,IPhone dan IPod yang Hilang
Jum'at, 10 Desember 2010 05:59 WIB
Kehilangan sebuah barang kesayangan kita tentu merupakan sebuah kesedihan yang teramat dalam, apalagi ketika kita kehilangan IPad, IPhone atapun IPod yang penuh dengan data pribadi yang sangat penting. IPad dan IPhone mempunyai bentuk yang pipih dan simple sehingga kita mudah lupa menyimpan ataupun dicuri oleh orang lain
Goodbye Pangandaran, Obrolan Ringan Si Kabayan dan Kang Otong
Goodbye Pangandaran, Obrolan Ringan Si Kabayan dan Kang Otong
Rabu, 24 Oktober 2012 05:35 WIB
Kang Otong mampir di rumah Kabayan. Sodara jauh Kabayan itu selama ini tinggal di Ciamis jadi petani kelapa dan pengrajin minyak kelapa berikut produk turunannya; galendo yang harganya lebih menguntungkan ketimbang minyak atau bahkan buah kelapanya sendiri
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini