Pendidikan dan Budaya
Pangandaran, Sulawesi Selatan, Indonesia ?

Pangandaran, Sulawesi Selatan, Indonesia ?

Menurut sejarahnya nama Pangandaran terbagi menjadi dua suku kata yaitu Pangan yang artinya makanan, dan Daran yang berarti sandaran makan secara harfiah Pangandaran bisa di artikan tempat orang bersandar dan mencari makanan.

Berbekal informasi dari si Mbah Google, iseng-iseng mencari keyword "pangandaran" ternyata selain website informasi wisata, blog, travel dan hotel, ada yang membuat tertarik untuk menulis artikel ini.Pangandaran ternyata bukan hanya ada di Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Pangandaran juga ada di salah satu desa terpencil di Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat tepatnya di Kecamatan Tabulahan.

Pangandaran Kabupaten Ciamis dengan sejuta potensi pariwisatanya seperti objek Pantai Pangandaran, Green Canyon, Batu Hiu, Cagar Alam dan lain-lain, sedangkan di Desa Pangandaran Kecamatan Tabulahan Kabupaten Mamasa dihuni oleh suku Toraja yang penduduknya mayoritas bertani dan bercocok tanam karena tekstur tanah di daerah ini memang cocok untuk bertani dan berkebun dengan ketinggian 800 meter diatas permukaan laut.

Hasil bumi yang paling banyak adalah kopi, rotan, dan coklat. sedangkan hasil pertaniannya adalah padi, memiliki beberapa objek wisata, yaitu Wisata Budaya Kuburan Tedong-tedong di Kecamatan Balla, Minanga di Sesenapadang, Wisata Alam Air Terjun Sarambu, Permandian Air Panas di Desa Rambusaratu` Kecamatan Mamasa, Agro Wisata Perkebunan Markisa di Kecamatan Mamasa, Wisata Budaya Rumah Adat, Perkampungan Tradisional Desa Ballapeu, Tradisi Mebaba` dan Mangngaro di Nosu merupakan tradisi yang unik.

Seperti halnya Pangandaran ternyata nama Parigi (Kabupaten Ciamis) juga ada di Sulawesi,Parigi salah satu Kecamatan di Provinsi Sulawesi Selatan Parigi beribukota di Salu`toa, sebuah kampung yang berjarak 9 km dari Malino ibukota Kecamatan Tinggimoncong.

Awalnya berpendapat kalau nama Pangandaran itu hanya ada satu yaitu di Kabupaten Ciamis, hal ini diperjelas oleh si mang fesbuk, setiap pencarian dengan kata pangandaran selalu ada dua pilihan Pangandaran,Sulawesi Selatan dan Pangandaran,Jawa Tengah,  sayangnya Pangandaran,Jawa Barat tidak ada, dan ternyata masih banyak nama-nama daerah atau kecamatan yang sama di nusantara Indonesia tercinta.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Pendidikan dan Budaya Lainnya
Tujuh Hikmah Berpuasa Selama Bulan Ramadhan
Tujuh Hikmah Berpuasa Selama Bulan Ramadhan
Kamis, 26 Juli 2012 06:15 WIB
Ibadah puasa dalam Islam dimaksudkan untuk pembinaan, baik rohani maupun jasmani pemeluknya. Dari segi rohani, ibadah puasa setidaknya mengandung nilai-nilai sebagai berikut
MAN Pangandaran Kembali mengirimkan Duta MYCDS Ke Malaysia
MAN Pangandaran Kembali mengirimkan Duta MYCDS Ke Malaysia
Minggu, 29 Juni 2014 14:18 WIB
Sebanyak tiga siswa dan dua pembimbing Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pangandaran, di Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, akan mengikuti Malay College Youth Development Summit (MYCDS) di Malaysia yang digelar pada Kamis (19/6/2014) hingga Minggu (29/6/2014). Mereka adalah Saefudin (17), Irna Nurul Kamilah (17), dan Kiki Kusmayanti (17), dan dua guru yaitu Yakni Soleh Ma`ruf dan Arif Awaludin.
Pangandaran Surga di Selatan Pulau Jawa
Pangandaran Surga di Selatan Pulau Jawa
Jum'at, 13 Januari 2012 14:25 WIB
AWAL 2012, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merilis 15 tujuan wisata yang akan menjadi kuda hitam di tahun ini. Okezone akan mengulas masing-masing destinasi untuk menjadi panduan Anda bila ingin mengunjungi ke-15 tempat indah tersebut.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini