Kajian Islam
Tips Wisata Saat Berpuasa

Tips Wisata Saat Berpuasa
Saat bulan puasa tiba, bukan berarti Anda harus berdiam diri di rumah dan menghentikan segala aktivitas sehari-hari. Di bulan yang penuh berkah ini, Anda masih bisa melakukan berbagai kegiatan seperti biasanya dan tentunya masih dapat mengisi waktu di bulan puasa dengan berwisata.

Saat bulan puasa tiba, bukan berarti Anda harus berdiam diri di rumah dan menghentikan segala aktivitas sehari-hari. Di bulan yang penuh berkah ini, Anda masih bisa melakukan berbagai kegiatan seperti biasanya dan tentunya masih dapat mengisi waktu di bulan puasa dengan berwisata.Kegiatan wisata bagi umat Muslim di saat bulan puasa memang sedikit berbeda jika dibanding wisata pada hari-hari biasa. Hal ini karena Anda membutuhkan daya tahan tubuh yang ekstra. Apapun bentuk kegiatan saat Anda berwisata, sebaiknya diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan tidak mengurangi pahala Anda saat berpuasa. Berikut berberapa tips yang dapat Anda lakukan jika ingin berwisata saat puasa.

Pertama, pada saat sahur konsumsilah makanan yang memiliki nilai gizi dan nutrisi yang tinggi. Jika perlu tambah dengan asupan multivitamin, agar saat menjalani puasa seharian Anda tetap segar dan tetap menjalani kegiatan wisata dengan bugar. Jangan lupa pula untuk membiasakan diri membaca doa saat akan berpergian keluar rumah. Siapkan pula pribadi Anda untuk tetap sabar dan menjaga emosi diri.

Kedua, siapkan segala kebutuhan pribadi Anda untuk berwisata, seperti Al Quran dan mukena. Sehingga Anda tetap bisa menjalankan ibadah selama berwisata. Sediakan pula air mineral untuk persiapan buka puasa ketika terpaksa harus berbuka puasa saat di perjalanan.

Ketiga, sempatkan untuk mengisi waktu liburan dengan melakukan safari Ramadhan, yaitu dengan melakukan kegiatan wisata ke berbagai tempat yang memiliki nilai religi untuk menambah pengetahuan Anda mengenai Islam. Salah satunya, bisa dengan melakukan sholat tarawih di masjid-masjid yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Keempat, selama dalam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, isi kegiatan mendengarkan ceramah dengan memutar radio yang tersedia di kendaraan Anda selama perjalanan. Sisihkan pula uang Anda untuk bersedekah dan diberikan kepada orang yang membutuhkan saat dalam perjalanan liburan.

Kelima, saat waktu buka puasa telah tiba, beristirahatlah sejenak untuk melakukan buka puasa dengan makanan dan minuman yang manis untuk meningkatkan kembali tenaga Anda. Lalu lakukan ibadah terlebih dahulu, barulah kemudian lanjutkan wisata Anda. (Sumber Travel.Kompas.com)



#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Kajian Islam Lainnya
Tips Agar Foto Traveling Anda di Pangandaran Lebih Unik
Tips Agar Foto Traveling Anda di Pangandaran Lebih Unik
Rabu, 11 Juli 2012 10:43 WIB
Setiap tempat yang kita kunjungi di objek wisata pantai pangandaran dan sekitarnya selalu memiliki suasana baru, orang-orang baru dengan rutinitas yang berbeda dari yang kita lihat sehari-hari, landscape, Kuliner semua adalah obyek foto yang menarik. Jika kita ingin foto-foto perjalanan menjadi lebih baik maka, kita harus jeli menangkap semua suasana saat traveling atau berwisata untuk menambah pundi-pundi foto di katalog kita sambil mengasah kemampuan memotret.
Sebuah Resensi Psikologi Perkembangan
Sebuah Resensi Psikologi Perkembangan "Berpikir Kritis"
Minggu, 11 Maret 2012 05:31 WIB
Kelebihan manusia dibanding dengan mahluk ciptaan Tuhan lainnya terletak pada kemampuan otaknya untuk berpikir. Otak diyakini sebagai alat bagi manusia untuk menjalani kehidupan lebih baik. Namun demikian belum banyak orang yang mengetahui tentang otak dan memanfaatkan potensi otak. Potensi otak seringkali diibaratkan para ahli sebagai raksasa yang tertidur.
Menikmati Pindang Gunung Pangandaran, Sajian Khas Masa Lalu
Menikmati Pindang Gunung Pangandaran, Sajian Khas Masa Lalu
Senin, 10 Maret 2014 08:18 WIB
Pangandaran - Jalan-jalan ke Pantai Pangandaran, Jawa Barat, tak lengkap rasanya bila tak menikmati sajian ikan laut segar. Sepanjang kawasan wisata itu, puluhan rumah makan seafood berjejer menyajikan meni ikan, seperti ikan bakar, saus asam manis, bumbu Padang.