Libur Lebaran, Ini 8 Lokasi Wisata Favorit di Jawa Barat

Libur Lebaran, Ini 8 Lokasi Wisata Favorit di Jawa Barat

Pesona alam Jawa Barat masih menjadi daya tarik wisata saat libur Lebaran. Tahun lalu, misalnya, tujuan wisatawan banyak mengarah ke pantai dan pegunungan. Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat Herdiwan, sedikitnya ada delapan lokasi wisata yang dibanjiri pengunjung selama empat hari sejak hari pertama Lebaran.

1. Kota Bandung. Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini menjadi magnet bagi para wisatawan yang gemar belanja fashion, menikmati pemandangan dari bukit, hingga doyan makan. Selain itu, kebun binatang menjadi tempat rekreasi favorit keluarga. "Tamu yang masuk berdasarkan data keluar tol Bandung mencapai 600 ribu orang," kata Herdiwan, Ahad, 28 Agustus 2011.

2. Pantai Pangandaran, Ciamis, disambangi 200-300 ribu orang.

3. Sejumlah obyek wisata di kawasan Puncak, Bogor, seperti Taman Safari, diserbu 300 ribu wisatawan.

4. Obyek wisata Gunung Tangkuban Parahu serta pemandian air panas Ciater, Subang, menarik sekitar 300 ribu wisatawan.

5. Kawah Putih dan Situ Patengan di Kabupaten Bandung dinikmati lebih dari 150 ribu pengunjung.

6. Di Kota Bogor, Kebun Raya menjadi tempat favorit bagi lebih dari 100 ribu lebih pengunjung.

7. Pantai Pelabuhan Ratu didatangi lebih dari 30 ribu orang.

8. Keraton Cirebon dipadati lebih dari 20 ribu orang.

Menurut Herdiwan, musim libur Lebaran ikut meningkatkan hunian hotel. Di kawasan Pantai Pangandaran, Pelabuhan Ratu, Puncak dan Cipanas, serta Ciater umumnya melonjak 70 persen dibanding hari biasa, atau naik 30 persen dibanding Sabtu dan Minggu.

Selain itu, kata Herdiwan, ada belasan obyek wisata alternatif lainnya. Di Bandung, ada Gua Pawon, Cipatat, yang menyimpan fosil manusia purba, serta Curug (air terjun) Malela di daerah Rongga Kabupaten Bandung Barat. Di Kabupaten Bandung ada pula wisata kesehatan air panas di Cibuni dan wisata kebun di Gambung.

Di Karawang ada Candi Jiwa, serta situs megalitikum di Gunung Padang, Cianjur. Sedangkan di daerah Indramayu ada Pulo Biyawak, Sindang Kerta di Tasikmalaya, Pantai Cimaja dan Ujung Genteng di Sukabumi, serta Taman Nasional Ciremai Kuningan. Menurut Herdiwan, lokasi wisata alternatif itu selain masih jarang dikunjungi wisatawan, akses dan fasilitas akomodasinya juga masih kurang.



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Lainnya
Green Canyon : 50 Menit Memukau dengan Segala Keunikannya!
Green Canyon : 50 Menit Memukau dengan Segala Keunikannya!
Sabtu, 19 Februari 2011 07:51 WIB
Menyambung dari kegiatan sebelumnya ke Ujung Genteng dan Ujung Kulon, kali ini temanku yang kebetulan menjadi EO sebuah trip, menawarkan Green Canyon dan Pangandaran (pantai). Aku memang sudah lama ingin ke tempat ini. Penasaran!! Setiap orang yang kujumpai dan hobbynya menikmati alam, akan mengatakan : Keren!!
Pepedan Hills Bukit Selfie Pesona Baru di Utara Pangandaran
Pepedan Hills Bukit Selfie Pesona Baru di Utara Pangandaran
Senin, 20 Februari 2017 16:21 WIB
Berbicara tentang Panorama indah di Pangandaran memang tak akan ada habisnya. Iya seperti itu memang karena Pangandaran bukan hanya menyuguhkan pantai yang indah namun bukit nya juga mampu membuat mata terpukau, seperti hal nya Pepedan Hills obyek wisata yang baru-baru ini menjadi salah satu destinasi yang hits di semua kalangan orang lokal Pangandaran maupun para touris dari dalam Negri atau Luar Negri.
Serunya Surfing di Pantai Batu Karas, Pantai Kuta`nya Jawa Barat
Serunya Surfing di Pantai Batu Karas, Pantai Kuta`nya Jawa Barat
Sabtu, 19 September 2015 11:13 WIB
Selain Pantai Pangandaran objek wisata yang harus kalian kunjungi adalah Pantai Batu Karas. Ketika alam menunjukkan sikap yang bersahabat, apapun terlihat indah dan terasa menyenangkan. Begitupun yang akan kalian rasakan ketika berkunjung ke pantai yang satu ini, sebuah objek wisata yang kerap dikunjungi para peselancar.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini