Ekonomi dan Wirausaha
Saatnya Bambu di Maksimalkan Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Saatnya Bambu di Maksimalkan Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Siapa yang tidak tahu bambu nih? Bambu mempunyai arti dan sejarah penting bagi kemerdekaan republik indonesia. Siapa sangka bambu yang berbentuk runcing dan kecil ini mampu mengalahkan penjajah di bumi pertiwi ini yaitu Indonesia,sehingga Indonesia bisa bebas merdeka. Didunia ini bambu memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Bambu mampu hidup di mana saja dan terdapat di berbagai negara termasuk Indonesia sendiri. Sampai saat ini Indonesia sebagai negeri kaya bambu belum banyak memanfaatkan nya. Bambu masih dinilai material tradisional, banyak orang mengidentifikasikan bambu sebagai material bangunan. Padahal bambu sendiri mempunyai sejuta manfaat untuk dijadikan berbagai pernak - pernik kerajinan tangan. Di indonesia Berbagai macam jenis bambu dapat kita temukan seperti bambu tali, bambu kuning, bambu hitam dll. Negara China sebagai contoh negara yang berhasil dalam memanfaatkan potensi bambu.

Negara China tersebut memanfaatkannya untuk kesejahteraan rakyat nya karena upaya tersebut di mulai dari tingkat masyarakat yaitu petani dan pengrajin. Di negara China bambu di sihir menjadi sebuah pernak - pernik kerajinan yang unik dan mempunyai daya pikat, Di indonesia sendiri bambu - bambu di manfaatkan untuk berbagai macam kerajinan tangan dan makanan yang mempunyai nilai jual guna memenuhi kebutuhan hidup sehari - hari. Antara lain yaitu sebagai kuliner, tunas pohon bambu merupakan sayuran yang populer dan bernilai ekonomis. Selain itu orang indonesia memanfaatkan bambu untuk peralatan rumah tangga. Diantaranya yaitu tempat nasi (boboko), tampah, tempat sampah, kipas, besek, topi bambu (dudukuy), wayang bambu dan lain - lain. Selain itu juga bambu dibuat mereka menjadi sebuah alat musik tradisional seperti seruling dan angklung yang berasal asli dari daerah sunda. Dari pemanfaatan bambu itu lah masyarakat bisa memperoleh keuntungan guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari - hari. Di tangan para pengrajin lah bambu - bambu di anyam dan di sulap menjadi sebuah kerajian yang mempunyai nilai jual tinggi, dan produk dari bahan baku bambu di Indonesia kini sampai menembus pasar internasional.

Indonesia menjadi salah satu penghasil bahan baku rotan dan bambu terbesar di dunia setelah negara China. Karena kurang nya minat untuk memanfaatkan bambu maka produksi nya pun sedikit. Seharus nya pemerintah lebih gencar menjadikan bambu kepada masyarakat sebagai usaha ekonomi kreatif yang mampu mengatasi angka pengangguran setiap tahun nya. Karena bambu sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia terutama masyarakat di pedesaan. Mari kita sebagai warga negara Indonesia yang kaya akan bambu harus terus melestarikan dan meningkatkan kesadaran terhadap upaya budidaya dan pemanfaatan bambu secara berkelanjutan serta mengembangkan produk hasil industri bambu untuk pemberdayaan ekonomi agar nilai tambah nya meningkat. Sebab bambu saat ini sudah terancam habitat nya dan kelestarian nya di Indonesia. Jangan sampai bambu Indonesia yang menjadi ekspor ke negara - negara maju seperti Amerika, Prancis, Jepang dan Australia punah di negara kita. Dan Jangan sampai kita kalah dengan negara China yang menghasilkan produk dengan nilai mencapai ratusan triliun pertahun. Mari kita Jadikan bambu sebagai bagian dari hidup kita

Tulisan kiriman Ujang Rusli Suherli, Warga Sindangkerta Padaherang  Pangandaran



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Ekonomi dan Wirausaha Lainnya
Beberapa Hal Yang Membatalkan Puasa Kita
Beberapa Hal Yang Membatalkan Puasa Kita
Selasa, 24 Juli 2012 06:56 WIB
Muhammad Rosulullah saw. bersabda, Banyak orang yang berpuasa hanya mendapatkan dari puasanya itu lapar dan dahaga. Banyak pula orang yang mengerjakan sholat malam hanya mendapatkan dari bangun malamnya itu begadang saja.
Pangandaran, Dikejar Monyet, dan Menikmati Sunset
Pangandaran, Dikejar Monyet, dan Menikmati Sunset
Sabtu, 12 Maret 2011 07:35 WIB
Kalau boleh jujur, saya baru sekali ini berkunjung ke pantai di ujung selatan Ciamis itu. Hehehe, katrok ya? Maklum jarang liburan ke pantai sih. Saya lebih menyukai liburan ke gunung, makanya pantai jarang menjadi incaran saya. Karena baru pertama kali ke Pangandaran, jadi saya akan membagikan ceritanya di sini.
Benarkah Kabupaten Pangandaran Betul-betul Sudah Lahir?
Benarkah Kabupaten Pangandaran Betul-betul Sudah Lahir?
Rabu, 24 Oktober 2012 20:12 WIB
Saya sengaja menyimpan tulisan ini di Artikel dan bukan sebuah pemberitaan, saya sendiri senang sekali dengan kabar bahwa Pangandaran sudah lahir menjadi sebuah kabupaten baru di Jawa Barat. Saya sedikit penasaran tahapannya apa saja sih?
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini