Cerita di Pangandaran
Kedung Gondang, Sihulu Sungai yang Indah

Kedung Gondang, Sihulu Sungai yang Indah

Kedung Gondang adalah nama suatu hulu sungai, disinilah tempat memancingku sewaktu kecil dulu,terletak ditengah-tengah pesawahan yang subur bernama sawah Ciuru,terletak disebelah utara desa Sidomulyo Pangandaran,tempat ini jarang sekali terjamah oleh orang,oleh karena itu sampai sekarang juga masih terlihat seperti dulu sebagai tempat memancing yang paling indah dan nyaman, Dulu sewaktu aku dan teman-teman hendak memancing biasanya berjalan.

Kaki menuju kedung gondang, kira-kira diperlukan waktu sekitar 20 menit dari kampungku Prumpung, tapi awas jangan berani-berani berenang ditempat ini,karena sangat dalam,kecuali yang jago berenang, disini ada banyak jenis macam ikan biasanya orang-orang dikampungku menyebut nama-nama ikan tersebut, Boncel,betik,licingan,lele,jaer,gedangan,trempele,sepat,kating,lunjar,mbayongan,boso, dan masih banyak nama jenis ikan yang lainya,Ada juga jenis ikan yang keturunan blasteran, yaitu perkawinan antara ikan air tawar dan ikan air asin,biasanya terjadi di muara, biasa ikan tersebut sering dijumpai disungai ketika sedang memancing, ikan tersebut namanya Semberet, sekilas bentuk tubuhnya mirip ikan Petek (ikan air asin).

Nah yang paling banyak spesiesnya adalah ikan kating, ikan yang bertubuh putih ini sekilas bentuk tubuhnya persis sama ikan lele,siripnya itu yang menjadi
senjata paling mematikan,biasanya orang kalau sudah terkena sirip ikan ikan ini,itu bagaikan digigit ular,racunya akan menjalar keseluruh bagian tubuh kita,ada juga yang sampai meninggal karena ikan ini.

Kating bisa kita temui diseluruh aliran sungai,karena spesiesnya yang sangat banyak,namun masyarakat di daerah kami tidak pada suka memakan ikan ini,selain rasanya tidak enak juga ikan ini termasuk golongan ikan yang jorok,
paling doyan memakan kotoran manusia,itu sebabnya ngga ada yang suka sama ikan ini. Nah Kalau ikan boncel (Ikan gabus) juga banyak ditemui disungai kami, ikan ini merupakan ikan yang enak dimakan biasanya ikan ini paling mudah dipancing. Udahan dulu ya ceritanya udah malem nie aku udah ngantuk,besok



#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Cerita di Pangandaran Lainnya
Pesona Pantai Selatan Tak Ada Habisnya
Pesona Pantai Selatan Tak Ada Habisnya
Selasa, 09 November 2010 18:18 WIB
KAWASAN pantai di bagian selatan Jawa Barat seolah tiada habisnya. Mulai Pantai Pangandaran, Batu Hiu, sampai Pantai Batu Karas, Kabupaten Ciamis. Panorama pantai dengan ombaknya yang menyapu pasir begitu menakjubkan.
BBM Naik dan Pangandaran, Kisah Johar Dwiaji Pertama Kali ke Pangandaran
BBM Naik dan Pangandaran, Kisah Johar Dwiaji Pertama Kali ke Pangandaran
Jum'at, 20 September 2013 15:44 WIB
Ketika aku bepergian seorang diri, seolah aku menemukan diriku yang SERATUS PERSEN. Diriku yang lepas. Tanpa terikat apapun. Seolah burung yang bebas melayang, kesana kemari. Dan aku akan selalu excited, tatkala berkunjung ke tempat-tempat yang belum pernah kudatangi.
Berlibur Aman Hatipun Senang
Berlibur Aman Hatipun Senang
Sabtu, 12 Januari 2013 11:35 WIB
Pantai, apa yg ada di benak anda ketika mendengar kata pantai? pasir,ombak, berenang? pasti kata-kata itu yg terlintas, betapa mengesankanya ketika bersentuhan dengan pantai pangandaran yang eksotis. namun sering terdengar beberapa kabar ada wisatawan yang mengalami hal yang tidak diinginkan ketika berkunjung ke pantai, salah siapakah?