Cerita di Pangandaran
Jambal Roti Khas Pangandaran Terkenal Sampai ke Kota Pelajar

Jambal Roti Khas Pangandaran Terkenal Sampai ke Kota Pelajar

Bagi penggemar ikan asin tentu kenal dengan ikan asin jambal roti. Ikan asin tersebut memang memiliki tempat tersendiri bagi penyuka ikan yang dikeringkan dan pengawetannya hanya dengan ditaburi garam. Nah jambal roti khas Pangandaran ini terkenal di Jogjakarta loh. Cerita nya begini, saat saya dan teman-teman pulang kuliah terasa sangat lapar dan langsung bergegas ke salah satu rumah makan tepat nya di Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta. Sesampai nya di sana saya dan teman-teman dihampiri oleh salah satu pelayan yang cantik.

 Pelayan tersebut pun menyapa kami dan memberikan buku menu untuk di lihat-lihat dan dipilih menu makan nya. Setalah saya membuka nya, saya melihat di daftar menu tersebut bertuliskan "Jambal Roti Pangandaran". Di dalam deretan menu jambal rotu tersebut terdiri dari : Nasi Bakar Jambal Roti, Nasi Liwet Jambal Roti, Tumis Ikan Jambal Roti, Jambal Roti Bakar, Jambal Roti Ca Cabe Hijau, Capcay Jambal Roti, Jambal Roti Ca Jamur, dll.

Saya pun heran apa benar ini Jambal Roti dari Pangandaran? Lalu saya bertanya kepada sang pelayan, mbak apa benar ini ikan jambal roti dari Pangandaran? Ia pun menjawab, ia mas benar sekali itu ikan jambal roti dipesan langsung dari Pangandaran. Wow saya pun tidak menyangka bahwa itu Jambal Roti dari Pangandaran. Padahal rumah makan tersebut tidak mengusung nama masakan khas sunda.

Akhir nya saya memesan Jambal Roti Ca Jamur dan nasi bakar jambal roti, sambil menunggu masakan nya saya pun masih penasaran dan menghampiri salah satu pelayan yang sedang berdiri di depan pintu. Saya pun bertanya kepada dia, mas sejak kapan menu Jambal Roti ini di usung? Ia pun menjawab, oh itu sudah hampir 3tahun lebih mas, dan menu-menu Jambal Roti ini merupakan menu andalan di Rumah Makan kami. Lalu pemesanan ikan Jambal Roti nya kami terima 2 sampai 3 hari. Pihak kami memilih Jambal Roti dari Pangandaran karena kualitas nya yang bagus mas (begitu tutur nya).

Saya pun kembali duduk dan langsung menyantap makanan nya, rasa nya yang gurih dan enak membuat saya ketagihan. Walaupun harga nya yang tidak murah, tetapi sebanding dengan cita rasa masakan nya. Pengunjung nya pun bukan kalangan orang-orang biasa, melainkan orang-orang bermobil. Semoga Jambal Roti yang merupakan makanan khas Pangandaran bisa terkenal di daerah-daerah lainnya, tidak hanya di Jogjakarta saja.

Tulisan kiriman Ujang Rusli Suherli, Warga Sindangkerta Padaherang  Pangandaran



#




Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda
Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Cerita di Pangandaran Lainnya
Isyarat Angka 26 dalam Bencana
Isyarat Angka 26 dalam Bencana
Jum'at, 29 Oktober 2010 04:47 WIB
TIGA M lebih dulu dikenal sebagai gerakan dalam mencegah demam berdarah dengue (DBD), penyakit yang banyak menelan korban jiwa. Nyamuk penularnya (Aedes aegypti) harus diberantas melalui 3 M (menguras, menutup, dan menimbun).
Pangandaran Rasa Minang
Pangandaran Rasa Minang
Senin, 25 Desember 2023 13:28 WIB
Seperti tempat wisata pada umumnya, Pangandaran menjadi salah satu tempat yang dipadati oleh orang rantau dari berbagai daerah terlebih lagi di kawasan wisatanya, salah satunya dari Sumatera Barat atau Padang.
Saya Seorang Penyelam Bukan Penyelamat
Saya Seorang Penyelam Bukan Penyelamat
Kamis, 27 Januari 2011 09:38 WIB
Pantai Pangandaran merupakan objek pariwisata bahari yang sangat populer di Pulau Jawa Barat.Keindahan panorama pantai ini bakal menjebak siapa pun untuk betah menikmatinya berlama-lama.Pantainya landai, dengan pasir yang menghampar sejauh mata memandang, para wisatawan dapat menikmati pesona eksotika matahari terbit (sunrise) dan terbenam (sunset) dari dua pantai yang dimiliki Pangandaran.
Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini