Cerita di Pangandaran
Jambal Roti Khas Pangandaran Terkenal Sampai ke Kota Pelajar

Jambal Roti Khas Pangandaran Terkenal Sampai ke Kota Pelajar

Bagi penggemar ikan asin tentu kenal dengan ikan asin jambal roti. Ikan asin tersebut memang memiliki tempat tersendiri bagi penyuka ikan yang dikeringkan dan pengawetannya hanya dengan ditaburi garam. Nah jambal roti khas Pangandaran ini terkenal di Jogjakarta loh. Cerita nya begini, saat saya dan teman-teman pulang kuliah terasa sangat lapar dan langsung bergegas ke salah satu rumah makan tepat nya di Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta. Sesampai nya di sana saya dan teman-teman dihampiri oleh salah satu pelayan yang cantik.

 Pelayan tersebut pun menyapa kami dan memberikan buku menu untuk di lihat-lihat dan dipilih menu makan nya. Setalah saya membuka nya, saya melihat di daftar menu tersebut bertuliskan "Jambal Roti Pangandaran". Di dalam deretan menu jambal rotu tersebut terdiri dari : Nasi Bakar Jambal Roti, Nasi Liwet Jambal Roti, Tumis Ikan Jambal Roti, Jambal Roti Bakar, Jambal Roti Ca Cabe Hijau, Capcay Jambal Roti, Jambal Roti Ca Jamur, dll.

Saya pun heran apa benar ini Jambal Roti dari Pangandaran? Lalu saya bertanya kepada sang pelayan, mbak apa benar ini ikan jambal roti dari Pangandaran? Ia pun menjawab, ia mas benar sekali itu ikan jambal roti dipesan langsung dari Pangandaran. Wow saya pun tidak menyangka bahwa itu Jambal Roti dari Pangandaran. Padahal rumah makan tersebut tidak mengusung nama masakan khas sunda.

Akhir nya saya memesan Jambal Roti Ca Jamur dan nasi bakar jambal roti, sambil menunggu masakan nya saya pun masih penasaran dan menghampiri salah satu pelayan yang sedang berdiri di depan pintu. Saya pun bertanya kepada dia, mas sejak kapan menu Jambal Roti ini di usung? Ia pun menjawab, oh itu sudah hampir 3tahun lebih mas, dan menu-menu Jambal Roti ini merupakan menu andalan di Rumah Makan kami. Lalu pemesanan ikan Jambal Roti nya kami terima 2 sampai 3 hari. Pihak kami memilih Jambal Roti dari Pangandaran karena kualitas nya yang bagus mas (begitu tutur nya).

Saya pun kembali duduk dan langsung menyantap makanan nya, rasa nya yang gurih dan enak membuat saya ketagihan. Walaupun harga nya yang tidak murah, tetapi sebanding dengan cita rasa masakan nya. Pengunjung nya pun bukan kalangan orang-orang biasa, melainkan orang-orang bermobil. Semoga Jambal Roti yang merupakan makanan khas Pangandaran bisa terkenal di daerah-daerah lainnya, tidak hanya di Jogjakarta saja.

Tulisan kiriman Ujang Rusli Suherli, Warga Sindangkerta Padaherang  Pangandaran



#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Cerita di Pangandaran Lainnya
Unsur Masyarakat Dilibatkan Dalam Penyusunan Peraturan Daerah
Unsur Masyarakat Dilibatkan Dalam Penyusunan Peraturan Daerah
Kamis, 02 Juli 2015 05:52 WIB
Pangandaran sebagai Kabupaten yang baru terbentuk setelah sekian lama menginduk kepada Kabupaten Ciamis tentunya memerlukan kebijakan-kebijakan dan penerapan aturan-aturan guna terselenggaranya pemerintahan yang baik dan tertib, salah satunya adalah peraturan-peraturan daerah yang akan dijadikan acuan dan rujukan ketika terjadi ketidak beresan dalam penyelenggaran sebuah tatanan negara khususnya di tingkat kabupaten, kebijakan yang lebih membumi dan sesuai dengan kultur masyarakat di suatu daerah mutlak di perlukan.
Saatnya Mencoba Camping di Pantai Madasari Pangandaran
Saatnya Mencoba Camping di Pantai Madasari Pangandaran
Jum'at, 21 Desember 2012 11:11 WIB
Pantai Madasari terletak di Desa Masawah Kecamatan Cimerak, pantai ini memiliki panorama keindahan yang unik, dimana kita bisa melihat hamparan laut dari bebukitan, dan terlihat beberapa bebatuan karang di tengah laut dengan terlihat hamparan rumput dan pepohonan yang tumbuh diatasnya.
Tempat Wisata Identik Dengan HIV AIDS?
Tempat Wisata Identik Dengan HIV AIDS?
Selasa, 13 Juli 2010 09:29 WIB
Mungkin tiap orang pernah dengar tentang HIV AIDS, suatu penyakit yang menyerang system imun tubuh manusia. Dan bagaimana penyakit itu membunuh dengan perlahan dari dalam tubuh manusia. Dalam hal ini, saya bukan akan membahas tentang data statistic penyakit tersebut. Tapi bagaimana penyakit itu mengintai kehidupan kita secara perlahan