Jumlah     Sampah     Renang     Arna     
Ragam
7 Goa Alam Yang Menakjubkan di Cagar Alam Pangandaran
Ragam
7 Goa Alam Yang Menakjubkan di Cagar Alam Pangandaran


Jika anda merencanakan berlibur di akhir pekan dan kebetulan sedang menuju Pantai Pangandaran, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk mengunjungi Taman Wisata dan Cagar Alam sekedar menikmati keindahan setalaktik dan setalagmit goa-goa yang terbentuk secara alami.

Dalam sejarah peradaban manusia gua juga sering dianggap memiliki nilai mistis atau sejarah tertentu sehingga keberadaanya sering dikeramatkan, maka biasanya sebagai tambahan para pemandu goa membuat guyonan terkait hal unik yang berada di dalam goa sehingga pengunjung tidak lagi merasa takut untuk mengunjungi goa-goa yanga da di Taman Wisata.

Berikut goa-goa alam yang menakjubkan di Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran yang sering dikunjungi oleh wisatawan :

1. Goa Parat (goa Keramat)

Goa ini cukup panjang sekitar 200 meter dan tembus kepantai, dikatakan goa parat karena dalam bahasa sunda parat itu artinya tembus, konon ceritanya goa ini merupakan patilasan penyebar agama Islam di masa kerajaan pananjung ( Galuh pangauban ) yang bernama Syeh Ahmad ( Pangeran kasepuhan ) dan Syeh Muhamad ( Pangeran Kanoman )
Keunikan keunikannya yaitu :
Batu Stalagtit yang mirip seperti kelamin laki - laki dan perempuan, Batu Stalagtit yang mirip seperti paha ayam, Batu Stalagmit yang mirip seperti hewan unta, Batu cikaracak, hewan landak dan kelalawar.

2.Goa Miring (Goa Cemped)

Goa miring merupakan goa tembusan, sering disebut miring karena untuk menembus goa ini penugunjung harus memiringkan badan, keunikan di dalam goa ini terdapat yaitu sebuah batu yang menyerupai seperti pocong, kuntilanak, batu angel atau batu bidari serta batu tulang tengkorak.

3. Goa Sumur Mudal

Goa ini dikatakan goa sumur mudal karna dahulu didalam goa ini terdapat sebuah mata air yang membentuk sebuah sumur dan airnya mudal (mendidih) makanya sampai sekang dikatakan goa sumur mudal.

4. Goa Lanang
                              
Goa ini merupakan merupakan patilasan kerajaan Pananjung ( Galuh Pangauban ) yang dahulu digunakan sebagai keraton sementara kaerajaan, dikatakan goa lanang karena di dalam goa ini terdapat batu yang membentuk seorang anak laki - laki yang habis di sunat,keunikan lainya di diding goa terdapat batu gamelan yang bila ditabuh menggunakan tangan bisa mengeluarkan nada.

5. Goa Panggung

Goa ini disebut goa panggung karna kondisinya menyerupai seperti panggung, didalam goa ini terdapat simbol makam Mbah jaga lautan ( Kyai pancing benar ) keponakan dari Ibu Ratu pantai selatan ( Dewi nyi loro kidul ).

6. Goa Cirengganis

Merupakan goa yang mengeluarkan sumber mata air yang konon tidak pernah kering meski di musim kemarau panjang,mitos lainnya yaitu bahwa sumber mata air cirengganis dapat membuat awet muda.

7. Goa Karang Bolong

Goa karang (Batu Bolong) dimana pada batu karang yang megah berdiri kokoh di tengah laut itu terdapt batu (karang) yang bolong, bahkan jika Anda sedang beruntung atau air laut dalam keadaan surut Anda bisa melaluinya dengan perahu yang Anda tumpangi sehingga menambah kenikmatan dalam berwisata air khususnya di pantai Pangandaran.



#


Anda mempunyai konten untuk ditayangkan di myPangandaran.com dan jaringannya seperti berita, opini, kolom, artikel, berita foto, video, release Perusahaan atau informasi tempat bisnis di Pangandaran. Kirimkan tulisan anda melalui Kontribusi dari Anda

Berikan Komentar Via Facebook

Ragam Lainnya
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
7 Hewan Penghuni Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran
Selasa, 30 Juli 2013 12:40 WIB
Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran merupakan kawasan hutan yang dilindungi jadi jangan kaget jika saat perjalanan menyusuri hutan Anda akan menemui
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat  Versi myPangandaran
7 Hotel Terbesar di Pantai Barat Versi myPangandaran
Senin, 30 Mei 2011 09:47 WIB
Pantai Pangandaran merupakan objek wisata primadona di Jawa Barat, Adanya fasilitas yang terdapat di tepi pantai seperti hotel-hotel mewah menambah kenyamanan dan
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
7 Oleh-Oleh Paling Banyak Di Buru Di Pangandaran
Sabtu, 28 Desember 2013 13:17 WIB
Pelesir belum lengkap tanpa cendera mata. Setiap daerah pasti memiliki kerajinan tangan maupun hasil alam yang bisa dijadikan oleh-oleh.Tak terkecuali Pangandaran yang
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kereta Jalur Pangandaran kini Tinggal Kenangan
Kamis, 29 April 2010 07:28 WIB
Kereta memang menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk transportasi, tidak terkecuali di Pangandaran, dulu dari Banjar menuju Pangandaran ada jalur
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
7 Lokasi di Pangandaran yang Sering Digunakan Untuk Berfoto Ria
Selasa, 30 April 2013 22:01 WIB
Di Pangandaran banyak hal menarik yang bisa menjadi objek foto bagi Anda pencinta fotografi atau yang hobi berfoto ria mengabadikan kenangan liburan
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
7 Tempat di Pangandaran Yang Sering Dipakai Syuting Film Laga
Senin, 05 November 2012 09:00 WIB
Pangandaran terkenal menjadi salah satu tempat yang dipergunakan untuk pengambilan gambar syuting film laga, dari era film 90-an Pangandaran sering dijadikan latar

Mau booking hotel, penginapan, travel dan tour? call 0265-639380 atau klik disini