Aneka
Tradisi Munggahan Warga Pangandaran

Tradisi Munggahan Warga Pangandaran
Setiap tradisi merupakan budaya turun temurun yang mau tidak mau harus dipertahankan oleh setiap generasinya , serta harus dipegang teguh karena itu salah satu bentuk rasa hormat kita terhadap leluhur di daerah tempat tradisi

Setiap tradisi merupakan budaya turun temurun yang mau tidak mau harus dipertahankan oleh setiap generasinya , serta harus dipegang teguh karena itu salah satu bentuk rasa hormat kita terhadap leluhur di daerah tempat tradisi itu berkembang.

Seperti halnya di akhir bulan Sya’ban, menjelang bulan Ramadhan, ada sebuah tradisi yang sampai saat ini masih kerap dilaksanakan oleh masyarakat. Khususnya di tatar sunda, Jawa Barat. Hampir setiap daerah, setiap desa, setiap kota tidak melewatkan moment ini. Bahkan setiap daerah memiliki keunikan dan keanekaragaman masing-masing dalam tradisi menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Yaitu "Munggahan" Tradisi ini merupakan bentuk rasa bahagia masyarakat sunda dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Bentuknya beragam, namun setiap daerah masih memiliki kesamaan. Tradisi tersebut juga merupakan bentuk rasa hormat mereka dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Karena bulan Ramadhan itu penuh berkah dan ampunan. Dimana ketika bulan Ramadhan Allah menurunkan rahmat dan pahala berlipat untuk setiap ibadah yang dilakukan manusia pada waktu itu.
Warga Pangandaran pun tak jauh berbeda, dan tradisi itu sudah berlangsung dari seminggu sebelum datangnya bulan Ramadhan, warga Pangandaran biasanya mengunjungi atau bersilaturahmi ke saudara, dan di lanjut dengan tradisi makan bersama dengan mengunjungi objek wisata pantai di Pangandaran. Namun Munggahan kali ini ada yang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, banyak warga Pangandaran melakukan tradisi ini dengan mengunjungi objek wisata Rafting yang baru-baru ini bermunculan seperti Curug Bojong, Santirah, Goa Lanang maupun Margacinta. 

Warga nampak antusias dengan aktifitas yang dilakukan dengan menyusuri sungai dengan rafting maupun dengan water tubing, harapan mereka dengan bermain di wahana air dapat membersihkan diri dan menyegarkan diri guna menyambut bulan suci dengan gembira.



#




Banner Header

Berikan Komentar Via Facebook

Aneka Lainnya
Ngetweet Tetap Jalan Saat Liburan Di Pangandaran
Ngetweet Tetap Jalan Saat Liburan Di Pangandaran
Rabu, 09 November 2011 21:31 WIB
Fenomena Social media memang tidak memandang usia, memandang tempat bahkan waktu, pun begitu dengan wisatawan yang saat berkunjung ke Pangandaran tidak lupa untuk ngetweet aktifitas yang dilakukan di Pangandaran.
Spot Baru Untuk Berfoto di Pangandaran, "Pangandaran Sunset"
Spot Baru Untuk Berfoto di Pangandaran, "Pangandaran Sunset"
Senin, 07 Desember 2015 20:58 WIB
Dengan berdirinya Pangandaran menjadi kabupaten tentunya membawa perubahan di sektor pariwisatanya, setelah sebelumnya di bangun landscape "Batukaras", kini di Pangandaran pun di bangun "Pangandaran Sunset".
Ngabuburit Bareng Komunitas Sepeda Fixie Pangandaran
Ngabuburit Bareng Komunitas Sepeda Fixie Pangandaran
Sabtu, 13 Agustus 2011 20:21 WIB
Para anggota speda fixie sedang ngabuburit berkumpul di ujung tol (tolgate) Pangandaran menunggu waktu berbuka puasa.
Sejarah Gua Jepang Pangandaran
Sejarah Gua Jepang Pangandaran
Senin, 13 Desember 2010 09:46 WIB
Gua Jepang di Kawasan Cagar Alam Pangandaran di buat Periode (1941-1945), saat itu Balatentara Dai Nippon menduduki seluruh pulau Jawa dan Madura, pembangunan Gua jepang ini di lakukan oleh para pekerja paksa (Romusa) selama